Jadwal Lengkap 8 Besar Piala Dunia: Brasil vs Belgia Final Kepagian

Piala Dunia 2018 segera memasuki babak perempat final. Delapan tim akan bertarung. Mereka meliputi Uruguay, Prancis, Brasil, Belgia, Swedia, Inggris, Rusia, dan Kroasia.
M. Syahran W. Lubis | 04 Juli 2018 13:44 WIB
Striker Brasil Neymar da Silva Santos Jr. Timnas Brasil menjadi favorit juara Piala Dunia 2018 setelah Jerman tersingkir. - Reuters/Leonhard Foeger

Bisnis.com, JAKARTA – Piala Dunia 2018 segera memasuki babak perempat final. Delapan tim akan bertarung. Mereka meliputi Uruguay, Prancis, Brasil, Belgia, Swedia, Inggris, Rusia, dan Kroasia.

Jadwal pertandingan 8 besar (dalam WIB):

Jumat, 6 Juli:

21:00   Uruguay vs Prancis

Sabtu, 7 Juli:

01:00   Brasil vs Belgia

21:00   Swedia vs Inggris

Minggu, 8 Juli:

01:00   Rusia vs Kroasia

Pertandingan Brasil versus Belgia bisa dikatakan sebagai final kepagian. Keduanya merupakan dua kekuatan terbaik di dua kontinen terkuat sepak bola dunia.

Brasil jawara di kawasan Amerika Selatan, sementara Belgia kekuatan terbaik dengan kapabilitas mumpuni paling merata di Eropa setelah Jerman tersingkir di fase grup.

Kedua tim tersebut juga banyak dijagokan untuk tampil sebagai juara. Brasil mencari gelar keenam setelah Piala Dunia edisi 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002, sedangkan prestasi terbaik Belgia di ajang akbar ini ialah peringkat keempat edisi 1986.

Sementara itu, Inggris semestnya layak untuk lebih dijagokan ketimbang Swedia. Inggris adalah juara Piala Dunia 1966 ketika turnamen tersebut digelar di negaranya. Itulah trofi turnamen besar satu-satunya yang pernah diraih Three Lions.

Bagi Swedia, ini merupakan perburuan trofi pertamanya untuk turnamen besar. Prestasi terbaik ialah runner up Piala Dunia 1958 saat gelaran berlangsung di negara Skandinavia tersebut. Di final ketika itu Swedia menyerah dengan skor 2-5 dari Brasil, yang meraih gelar dunia pertama mereka.

Di sisi lain, Uruguay versus Prancis menjadi pertemuan dua tim yang pernah tampil sebagai juara dunia. Uruguay juara edisi 1930 di negaranya dan 1950 di Brasil, sedangkan Prancis juara ketika menjadi tuan rumah Piala Dunia 1998.

Rusia versus Kroasia adalah pertemuan dua tim yang belum pernah menjadi juara dunia. Rusia, ketika masih sebagai Uni Soviet, hanya pernah meraih gelar turnamen besar pada 1960 sebagai juara Piala Eropa.

Sementara itu, Kroasia belum pernah meraih gelar apa pun, baik setelah berdiri sebagai negara independen maupun saat masih bergabung sebagai Yugoslavia.

Secara kualitas teknis, Kroasia lebih layak dijagokan menaklukkan Rusia, tim dengan peringkat FIFA paling rendah, 70, ketika memulai Piala Dunia kali ini. Namun, faktor tuan rumah yang mengangkat spirit Rusia telah membuktikan mereka mampu mengatasi tim sekelas Spanyol.

Catatan tambahan, Rusia dan Inggris merupakan kontestan delapan besar yang berstatus sebagai runner up grup. Enam tim lainnya finis sebagai juara grup.

Rusia, tuan rumah turnamen ini, merupakan runner up Grup A di bawah Uruguay, di 16 besar menang atas Spanyol, juara Grup B, melalui adu penalti setelah skor 1-1 dalam permainan selama 120 menit.

Sementara itu, Inggris merupakan runner up Grup G di bawah Belgia, di 16 besar menaklukkan Kolombia, juara Grup H, juga lewat adu penalti setelah bermain 1-1 dalam pertandingan 120 menit.

Tag : piala dunia 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top