Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tim Sepak Bola Remaja Thailand yang Terjebak di Gua Ditemukan Selamat

Dua belas anak laki-laki pemain sepak bola Thailand dan pelatih mereka ditemukan hidup setelah sepuluh hari terperangkap di dalam gua yang banjir.

Kabar24.com, JAKARTA - Dua belas anak laki-laki pemain sepak bola Thailand dan pelatih mereka ditemukan hidup setelah sepuluh hari terperangkap di dalam gua yang banjir.

Meski terperangkap selama belasan hari, ternyata mereka bisa ditemukan dalam keadaan selamat. Lantas bagaimana proses evakuasi mereka oleh regu penyelamat. Gubernur Provinsi Chiang Rai, membagikan kisahnya seperti dilansir Reuters.

Perjuangan misi penyelamatan dimulai dari aksi penyelam berjuang melalui lorong-lorong sempit dan perairan keruh untuk menemukan anak-anak itu, pada tengah malam Senin (02/07) di atas batu yang ditinggikan sekitar 4 kilometer (2,5 mil) dari mulut gua.

Sebuah video yang direkam oleh penyelamat dalam obor berkelap-kelip mengungkapkan anak laki-laki mengenakan celana pendek dan kemeja merah dan biru duduk atau berdiri di atas batu di atas hamparan air.

“Berapa banyak dari Anda di sana - 13? Brilian, ”seorang anggota tim penyelamat multinasional, berbicara dalam bahasa Inggris, memberi tahu anak-anak lelaki itu. “Kamu sudah 10 hari di sini. Kamu sangat kuat. "

"Terima kasih," kata salah seorang anak laki-laki menanggapi ucapan salah satu tim penyelamat mereka.

Meski sudah ditemukan lokasinya, namun mereka tidak serta merta bisa lolos dari gua maut itu. Salah satu dari anak laki-laki itu bertanya kapan mereka akan keluar dari gua, yang jawabannya penyelamat: “Tidak hari ini. Anda harus menyelam. ”

Dua penyelam asal Inggris, John Volanthen dan Rick Stanton, adalah orang pertama yang mampu mencapai lokasi anak-anak itu. Keduanya, memang memiliki pengalaman yang kuat dalam menyelamatkan gua, menurut Bill Whitehouse, wakil ketua British Cave Rescue Council (BCRC).

Mereka menemukan kelompok itu bersama dengan tim penyelam SEAL angkatan laut Thailand. Proses penyelamatan sejak awal berfokus pada gundukan yang sengaja strukturnya ditinggikan, dengan menjelajah area yang disebut "Pantai Pattaya", di ruang ketiga kompleks gua. Hal itu dilakukan untuk memberikan anak-anak yang terlibat perlindungan ketika hujan membanjiri gua.

Selamatnya rombongan tersebut disambut dengan gembira oleh warga Thailand yang mengikuti kisah mengerikan mereka.

Kerabat dari anak-anak tersebut, yang menunggu di dekat gua tampak bersorak gembira setelah mendapat kabar mereka masih hidup. Tim penyelamat berjabat tangan dan memberi selamat satu sama lain saat sorak-sorai sesekali pecah.

Tim penyelamat berpikir keras untuk mengeluarkan mereka yang kondisinya mulai melemah setelah 10 hari terdampar.
Pilihan yang dipertimbangkan termasuk menunggu sampai tingkat air surut, atau mendesak kelompok tersebut menggunakan peralatan selam untuk menyelam di gua yang banjir.

"Jika Anda bertanya kepada saya sekarang sementara kami masih menilai mereka tidak akan segera pulang," kata Gubernur Chiang Rai Narongsak Osottanakorn kepada wartawan.

Kondisi kesehatan mereka juga langsung dipantau secara intens. Beberapa diantaranya mengalami luka.

“Kami mengkategorikan kondisi kesehatan mereka sebagai merah, kuning atau hijau, merah menjadi luka yang paling parah, kuning menjadi ringan dan hijau menjadi ringan. Kemarin, secara tidak resmi, kami menilai sebagian besar berada di kategori hijau, ”kata Narongsak.

Narongsak mengatakan pekerja penyelamat sekarang akan fokus pada fase "penyelamatan" dan kemudian serah terima kepada tim medis yang menunggu di luar gua.

Belasan anak yang hilang itu berusia antara 11 dan 16 tahun, sementara pelatih mereka juga baru berusia 25 tahun. Mereka hilang ketika usai latihan pada 23 Juni rombongan itu sengaja plesir menjelajahi kompleks gua Tham Luang di sebuah taman hutan dekat perbatasan utara Thailand dengan Myanmar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper