Jadwal Piala Dunia: Brasil vs Belgia Final Kepagian, Argentina vs Uruguay?

Seluruh pertandingan fase grup Piala Dunia 2018 telah rampung. Kini khalayak pencinta bola sedunia menantikan delapan laga seru di babak 16 besar.
M. Syahran W. Lubis | 29 Juni 2018 17:01 WIB
Timnas Brasil menjadi tim paling favorit di Piala Dunia 2018 setelah juara bertahan Jerman tersingkir. - Reuters/Kai Pfaffenbach

Bisnis.com, JAKARTA – Seluruh pertandingan fase grup Piala Dunia 2018 telah rampung. Kini khalayak pencinta bola sedunia menantikan delapan laga seru di babak 16 besar.

Salah satu big match dalam perdelapan final ialah Brasil jumpa Meksiko. Laga Uruguay, yang menjadi satu-satunya tim yang tak kebobolan di fase grup, kontra juara Eropa Portugal pun layak ditunggu.

Prancis kontra Argentina tentu juga merupakan salah satu pertarungan yang bakal berjalan seru di samping Inggris versus Kolombia.

Sebagai satu-satunya wakil Asia, sekaligus juga satu-satunya tim dari luar Eropa dan Amerika Selatan yang menembus 16 besar, tentunya menyisakan harapan akan kehadiran ‘warna berbeda’ di perhelatan akbar ini.

Berikut jadwal lengkap pertandingan 16 besar (dalam WIB) yang seluruhnya akan disiarkan secara langsung oleh Trans TV:

Sabtu, 30 Juni:

21:00   Prancis vs Argentina

Minggu, 1 Juli:

01:00   Uruguay vs Portugal

21:00   Spanyol vs Rusia

Senin, 2 Juli:

01:00   Kroasia vs Denmark

21:00   Brasil vs Meksiko

Selasa, 3 Juli:

01:00   Belgia vs Jepang

21:00   Swedia vs Swiss

Rabu, 4 Juli:

01:00   Kolombia vs Inggris

Yang juga menarik untuk dikaji lebih jauh ialah pertemuan selanjutnya selepas fase 16 besar. Jika Brasil menaklukkan Meksiko, maka akan jumpa pemenang Belgia versus Jepang.

Alhasil, terbuka kemungkinan Brasil jumpa Belgia di babak perempat final atau 8 besar di Kazan. Apabila itu yang terjadi, laga tersebut bisa dikatakan sebagai final kepagian. Keduanya merupakan dua kekuatan terbaik di dua kontinen terkuat sepak bola dunia.

Brasil jawara di kawasan Amerika Selatan, sementara Belgia kekuatan terbaik dengan kapabilitas mumpuni paling merata di Eropa setelah Jerman tersingkir.

Belgia masih lebih baik dibandingkan dengan Portugal yang terlalu bertumpu pada seorang Cristiano Ronaldo, di antaranya tecermin dari peringkat FIFA terbaru per 7 Juni, Belgia peringkat ketiga, sedangkan Portugal satu setrip di bawahnya.

Satu kemungkinan lainnya yang akan menghadirkan laga seru di 8 besar ialah jika Argentina mampu menaklukkan Prancis dan di sisi lain Uruguay bisa mengatasi Portugal.

Jika itu terjadi, Uruguay dan Argentina, dua kekuatan Amerika Selatan dan masing-masing telah dua kali menjuarai Piala Dunia, akan bertarung dalam babak 8 besar di Nizhny Novgorod.

Tag : piala dunia 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top