Hasil Piala Dunia: Kalah, Tapi Jepang Lolos Berkat Fair Play, Bersama Kolombia

Jepang akhirnya lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rusia meski menyerah 0-1 dari Polandia dalam pertandingan terakhir Grup H pada Kamis malam WIB (28/6/2018).
M. Syahran W. Lubis | 28 Juni 2018 22:58 WIB
Striker Polandia Robert Lewandowski (kiri) menggebrak pertahanan Jepang di bawah pengawalan bek Gotoku Sakai. Jepang akhirnya kalah 0-1, tetapi lolos ke 16 besar Piala Dunia berkat keunggulan fair play atas Senegal. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Jepang akhirnya lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rusia meski menyerah 0-1 dari Polandia dalam pertandingan terakhir Grup H pada Kamis malam WIB (28/6/2018).

Kekalahan itu membuat Jepang mempunyai poin, selisih gol, serta produktivitas gol yang persis sama dengan Senegal yang dalam pertandingan lain yang digelar pada saat bersamaan juga menyerah dengan skor tipis 0-1 dari Kolombia.

Dengan kekalahan masing-masing 0-1 dari lawan-lawannya, Jepang berhasil lolos hanya karena keuntungan lebih fair play alias menerima kartu kuning atau merah lebih sedikit dibandingkan dengan Senegal. Jepang menerima empat kartu kuning, Senegal enam. Hasil head to head keduanya pun imbang 2-2.

Sementara itu, Kolombia yang menang atas Senegal 1-0 tampil sebagai juara Grup H dengan koleksi 6 angka hasil dua kali menang dan satu kalah.

Dalam pertandingan di Samara yang disiarkan secara langsung oleh Trans 7, satu-satunya gol Kolombia dicetak Yerry Mina melalui sundulan kepala pada menit ke-74 dengan assist sepak pojok Juan Quintero.

Pada saat bersamaan di Volgograd, sebiji gol penentu kemenangan Polandia dalam pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh Trans TV dihasilkan tendangan first time Jan Bednarek pada menit 59 dengan memaksimalkan assist tendangan bebas Rafa Kurzawa.

Dengan demikian, klasemen akhir, Kolombia teratas dengan nilai 7. Peringkat kedua dan ketiga Jepang dan Senegal sama-sama nilai 4 dengan selisih gol 4-4 dan Jepang menang dengan keuntungan fair play karena head to head 2-2 versus Senegal, sedangkan Polandia juru kunci dengan nilai 3.

Tag : piala dunia 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top