Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Catatan Sepakbola Jerman: Semua Karena Uang

Grafik, grafik, dan analisis statistik tidak akan menjelaskan kebuntuan Piala Dunia Jerman. Alasannya tidak terletak pada angka, tetapi kepuasan sepakbola Jerman dalam beberapa tahun terakhir.
Tim nasional Jerman pulang kampung usai gagal di penyisihan grup Piala Dunia 2018 Rusia, Kamis (28/6/2018)/Reuters
Tim nasional Jerman pulang kampung usai gagal di penyisihan grup Piala Dunia 2018 Rusia, Kamis (28/6/2018)/Reuters

Bisnis.com, VATUTINKI, Rusia - Grafik, grafik, dan analisis statistik tidak akan menjelaskan kebuntuan Piala Dunia Jerman. Alasannya tidak terletak pada angka, tetapi  kepuasan sepakbola Jerman dalam beberapa tahun terakhir.

Setiap aspek dari hobi nasional, dan itu termasuk klub, liga utama, asosiasi nasional (DFB) dan para pemain itu sendiri, telah melepaskan kepuasan ini selama bertahun-tahun.

Sejak kemenangan mereka di Piala Dunia 2014 yang gemilang, para pemain utama sepak bola Jerman berpangku tangan, meraup banyak uang dan berpikir  masa-masa indah akan bertahan selamanya.

Namun, mereka tidak melakukannya.

Catatan Sepakbola Jerman: Semua Karena Uang

Dua kekalahan dan satu kemenangan terakhir di babak penyisihan grup, seperti ditulis Reuters, berarti Jerman  membuat mereka malu  karena dalam 80 tahun, ini pertama kali Der Panzer keluar dari Piala Dunia di babak awaal, pada  Rabu (27/6/2018).

Kembalilah ke 2014, tepat sebelum Piala Dunia, ketika empat klub Jerman berjuang melewati babak grup dan masuk ke babak 16 besar Liga Champions. Musim ini hanya satu.

Kembali pada tahun 2013, Bayern Munich dan Borussia Dortmund memainkan final Liga Champions semua-Jerman. Tidak ada klub Jerman yang berhasil melewati empat besar sejak itu.

Pada tahun 2011 dan 2012 Dortmund memenangkan liga. Sejak itu monopoli Bayern.

Alasan untuk semua ini sederhana: uang.

Bundesliga ingin menyoroti booming keuangan yang sedang berlangsung, tetapi boom tersebut juga membawa persaingan satu sisi, membosankan, dan dapat diprediksi di mana Bayern menang setiap waktu.

Kurangnya kompetisi liga, karena DFB yang kaya uang terlihat tanpa minat melakukan intervensi, berarti pemain Jerman telah kehilangan daya saingnya.

Penawaran di China lebih penting daripada memberi penggemar di Freiburg atau Hanover kompetisi yang layak untuk ditonton.

Bahkan Bayern tidak perlu membuat pemain sendiri lagi. Tabungannya yang membengkak berarti ia dapat membelinya, dengan Thomas Mueller sebagai pemain mereka yang benar-benar tumbuh di rumah.

Tambahkan ke kepuasan pelatih Jerman Joachim Loew itu sendiri, dengan pelatih  yang bersikeras  dengan  hampir semua pemain inti pemain yang sama selama hampir satu dekade.

"Mengapa saya harus kehilangan kepercayaan pada mereka setelah satu pertandingan," bentaknya setelah kekalahan pembuka mereka ke Meksiko, tulis Reuters.

Pemain seperti Mueller, Jerome Boateng, Mesut Ozil, Sami Khedira dan Manuel Neuer telah lama berhenti mengejar kesuksesan internasional dan sekarang lebih cepat untuk memamerkan pakaian, mobil, rumah, tato atau sepatu terbaru mereka daripada prestasi sepakbola terbaru mereka.

Musim lalu kebaikan kolektif mereka kembali pada  2014.

Bahkan kecongkakan DFB sendiri terbukti dalam slogan turnamennya - 'Best Never Rest' -, dorongan pemasarannya yang konstan dan mensponsori pemotretan dan permintaannya yang berkelanjutan untuk "mengembalikan bintang kelima" - sebuah gelar dunia kelima.

Ketika dua karyawan DFB menyerbu bangku Swedia setelah kemenangan 2-1 Jerman pada detik terakhir untuk merayakan dan menggerakkan tangan pada lawan mereka, itu menandakan kepuasan mereka tiba-tiba digantikan oleh kepanikan murni.

Sampai saat itu, DFB tidak memiliki petunjuk bahwa sebuah bencana sedang terjadi.

Apakah Loew memutuskan untuk tetap tinggal, pelatih Jerman pasca-Piala Dunia harus membersihkan 'rumah' dan membangun kembali tim dari sumber yang sama dengan tim yang memenangkan Piala Dunia 2014.

Karya pemuda yang luar biasa dan banyaknya pemain berbakat adalah awal dari perjalanan panjang mereka di dunia sepakbola dan di sana pelatih harus berpaling, bukannya pemain yang lebih tertarik untuk mengambil foto mobil sport terbaru mereka atau presiden .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper