Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2018: Dari Mangsa ke Predator, Korea Bersenang

Korea Selatan menunggu 16 tahun untuk membalaskan dendam mereka di Piala Dunia ke Jerman, dan kemenangan mengejutkan 2-0 Rabu (27/6/2018) atas juara bertahan datang di babak penyisihan grup dan bukan di semifinal, yang rasanya tidak kalah manis .
Pemain Korsel bergembira usai menekuk Jerman 2-0 di Grup F Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Rusia, Rabu (26/6/2018)/Reuters
Pemain Korsel bergembira usai menekuk Jerman 2-0 di Grup F Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Rusia, Rabu (26/6/2018)/Reuters

Bisnis.com, SEOUL - Korea Selatan menunggu 16 tahun untuk membalaskan dendam mereka di Piala Dunia  ke Jerman, dan  kemenangan mengejutkan 2-0 Rabu (27/6/2018) atas juara bertahan datang di babak penyisihan grup dan bukan di semifinal, yang rasanya tidak kalah manis.

Jerman telah menyingkirkan tim yang saat itu dibesut Guus Hiddink di Piala Dunia di Korea Selatan dan gagal ke final 2002 dengan kemenangan 1-0 di Seoul setelah tuan rumah secara bersama-sama dengan menunggangi gelombang semangat sepakbola nasional untuk mengalahkan Polandia, Portugal, Italia dan Spanyol dalam perjalanan ke babak semi final.

Beberapa memberi Korea kesempatan untuk membalikkan kekalahan itu pada  Rabu, dengan beberapa taruhan menawarkan peluang 100-1 pada kemenangan 2-0, tetapi sebagai pelatih Shin Tae-yong mengatakan menjelang pertandingan: "Bola itu bulat, apa pun bisa terjadi ... "

Dua gol pada menit akhir dari Kim Young-gwon dan Son Heung-min di Kazan membuktikan hal itu.

Media Korea Selatan pada Kamis (28/6/2018) memuji kemenangan atas tim peringkat teratas dunia sebagai "Miracle of Kazan".

 

Kookmin Ilbo mengatakan Korea telah pergi, "Dari Prey ke Predator".

"Sepanjang sejarah 88 tahun Piala Dunia, Jerman selalu menjadi pahlawan," kata harian itu. "Tapi tim Jerman ini berlutut di hadapan  Korea di Piala Dunia 2018 di Rusia."

Halaman olahraga Herald Business mengatakan, "Goliat Jerman pergi dari ketenangan ke air mata dalam 99 menit," sementara Yonhap News mengatakan "setelah kekalahan di Piala Dunia 1994 dan 2002, Korea Selatan akhirnya menghentikan tank Jerman."

Asosiasi Sepakbola Korea mengatakan, "Semangat juang tim nasional yang tidak pernah menyerah telah menggerakkan seluruh bangsa."

Mantan penyerang Korea Selatan, Ahn Jung-hwan, yang mencetak gol yang membuat Italia tersingkir dari babak 16 besar pada 2002, mengatakan hasil itu menunjukkan ketidakmampuan permainan itu.

"Ini sepakbola," kata Ahn, yang bekerja untuk televisi Korea di Piala Dunia. "Olahraga yang bisa memiliki banyak perubahan tak terduga adalah sepakbola."

Korea Selatan harus menang setidaknya dengan dua gol untuk mendapatkan peluang lolos dari Grup F sebagai runner-up, tetapi kemenangan 3-0 Swedia atas Meksiko yang mengejutkan berarti mereka dan Jerman akan pulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper