Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Swiss vs Kosta Rika: Tidak Akan Ada Lagi Perayaan Politik dari Swiss

Tidak akan ada lagi perayaan politik dari Swiss di Piala Dunia, kata pemain tengah Valon Behrami setelah rekan satu timnya Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri dari larangan melarikan diri menyusul kemenangan Jumat lalu atas Serbia.
Pemain Swiss  Steven Zuber merayakan usai mencetak gol ke gawang Brasil/Reuters
Pemain Swiss Steven Zuber merayakan usai mencetak gol ke gawang Brasil/Reuters

Bisnis.com, NIZHNY NOVGOROD, Rusia - Tidak akan ada lagi perayaan politik dari Swiss di Piala Dunia, kata pemain tengah Valon Behrami setelah rekan satu timnya Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri dari larangan melarikan diri menyusul kemenangan Jumat lalu atas Serbia.

Tapi itu hanya karena Swiss tidak mungkin menghadapi Serbia lagi selama turnamen di Rusia.

"Ini tidak akan terjadi di masa depan lagi karena tidak akan ada permainan seperti ini lagi. Bagi kami sekarang ini sudah tertutup," kata Behrami pada konferensi pers pada  Selasa (26/6/2018) saat Swiss bersiap untuk menghadapi Kosta Rika di Grup terakhir mereka. E pertandingan pada  Rabu (26/6/2018).

Swiss membutuhkan hasil imbang di Stadion Nizhny Novgorod untuk maju ke babak berikutnya.

Pencetak gol Xhaka dan Shaqiri didenda 10.000 franc Swiss (US$10.000) masing-masing dan diperingatkan oleh FIFA, tetapi meloloskan larangan atas perayaan gol mereka selama kemenangan 2-1 Jumat.

Kedua pemain, yang merupakan etnis Albania dan warisan Kosovo, merayakan serangan mereka dengan gerakan yang tampaknya meniru elang yang ditampilkan di bendera Albania. Ada tujuh pemain di skuad Swiss di Piala Dunia yang berakar di bekas Yugoslavia, ditambah pelatih Vladimir Petkovic.

Serbia menolak mengakui kemerdekaan bekas provinsinya Kosovo, yang 1,8 juta orangnya sebagian besar etnis Albania. Kosovo memisahkan diri 10 tahun lalu dan Serbia menentang tawaran akhirnya yang sukses untuk bergabung dengan FIFA.

FIFA, badan pengatur sepakbola dunia, dan mitranya dari Eropa UEFA memastikan bahwa Serbia dan Kosovo dipisahkan saat membuat seri untuk kompetisi Eropa.

"Tentu saja kami senang karena tidak ada yang ditangguhkan, tetapi itu adalah masalah yang jauh lebih dalam dan kami harus menghabiskan lebih banyak waktu (membahasnya), tetapi sekarang bukan waktu yang tepat," kata Behrami, yang lahir di Kosovo.

PENDAPAT DIBAGI

Perilaku Xhaka dan Shaqiri membagi pendapat di Swiss dengan beberapa politisi yang membela mereka dan yang lain mengatakan mereka merasa  gol mereka dicetak oleh Kosovo daripada Swiss.

Itu juga menghilangkan kemenangan terakhir yang menggetarkan, yang membawa Swiss semakin dekat ke babak berikutnya. Mereka datang dari satu gol ke bawah untuk menang.

“Saya pikir tim menampilkan pertunjukan kohesi yang hebat. Ketika tertinggal 1-0, kami tetap tenang dan kami mempertahankan solidaritas di tim. Saya pikir itu adalah sifat yang penting untuk dimiliki."

"Kami selalu memiliki perasaan  meskipun kami berada dalam situasi yang sulit, mari tetap tenang, terus mainkan permainan kami dan semoga sesuatu yang positif akan keluar dari situ.

“Besok kami menghadapi pertandingan sulit lainnya dan apa pun bisa terjadi. Ini adalah pertandingan yang sangat penting bagi kami dan kami harus pergi ke sana dan menyelesaikannya, ”tambah Behrami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper