Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Preview Brasil vs Serbia: Prediksi, Susunan Pemain, Head To Head, Neymar Tertekan

Air mata Brasil Neymar di akhir kemenangan 2-0 Piala Dunia atas Kosta Rika seharusnya tidak dilihat sebagai kelemahan emosional, kata pelatihnya Tite pada Selasa (26/6/2018), dan menambahkan bahwa dia juga menangis setelah pertandingan.
Striker Brasil, Neymar/Reuters
Striker Brasil, Neymar/Reuters

Bisnis.com, MOSKOW - Air mata Brasil Neymar di akhir kemenangan 2-0 Piala Dunia atas Kosta Rika seharusnya tidak dilihat sebagai kelemahan emosional, kata pelatihnya Tite pada  Selasa (26/6/2018), dan menambahkan bahwa dia juga menangis setelah pertandingan.

Neymar menangis setelah Brasil mencetak dua gol pada menit akhir untuk mengalahkan tim Amerika Tengah, reaksi yang menyebabkan media Brasil untuk menyarankan tim mereka mungkin rapuh secara emosional.

"Kita tidak boleh berpikir bahwa momen emosi adalah tanda ketidakseimbangan emosi," kata Tite kepada wartawan pada malam pertandingan Grup E melawan Serbia di mana Brasil membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke babak 16 besar.

"Saya mengerti bahwa harus ada keseimbangan antara akal dan emosi, dan ada saat ketika Anda membutuhkan es, tenang, dan jernih," katanya.

Tite kemudian ingat bahwa dia juga menangis setelah Brasil menang 3-0 saat bertandang ke Ekuador di kualifikasi Piala Dunia dalam pertandingan pertamanya yang bertanggung jawab dua tahun lalu.

"Saya ingin memberitahu seluruh bangsa Brasil bahwa .... saya menangis," katanya. "Ketika saya menelepon istri saya, saya menangis dengan bahagia, dengan kepuasan, karena karakteristik saya adalah emosional. Saya menangis dengan bangga, karena kami di bawah begitu banyak tekanan untuk memainkan permainan yang bagus."

Tite menambahkan bahwa Brasil telah menolak untuk membiarkan keputusasaan merayap ketika mereka menekan tujuan melawan Kosta Rika - tanda kekuatan mental.

"Apa yang mempertahankan gameplan Anda? Ini ketika Anda mencetak gol di menit ke-91 dengan bermain dengan gaya yang telah dimainkan tim sejak awal pertandingan. Saya sangat senang dengan cara kami bereaksi secara emosional di babak kedua," dia berkata.

Berharap untuk memimpin Brasil meraih gelar juara dunia keenam, Tite mengatakan Neymar, yang mengalami cedera tiga bulan sebelum Piala Dunia, membutuhkan satu pertandingan lagi untuk mencapai kebugaran penuh.

"Kami tidak menempatkan tanggung jawab yang berlebihan pada bahu Neymar untuk sukses atau gagal," katanya. "Ini seluruh tim yang menang atau kalah."

FAKTA PERTANDINGAN

Head-to-head

     Termasuk Yugoslavia, Serbia dan Brasil telah bertemu empat kali di Piala Dunia. Rekor head-to-head mereka sangat seimbang dengan satu kemenangan masing-masing dan dua kali seri.
     Penampilan pertama Piala Dunia Serbia dan Brasil dalam pertandingan melawan satu sama lain pada 1930 - Yugoslavia menang 2-1.
     Secara total meskipun (termasuk sebagai Yugoslavia), Serbia telah menghadapi Brasil pada 19 kesempatan - menang hanya dua kali (imbang tujuh, kalah 10).
     Ini akan menjadi pertemuan kedua antara Serbia dan Brasil dengan mantan sebagai negara merdeka - pertemuan pertama mereka dalam persahabatan pada Juni 2014, Brasil menang 1-0.

Brasil memainkan Serbia dalam pertandingan Grup E Piala Dunia di Moskow pada  Rabu:

  • Dimana: Stadion Spartak
  • Kapasitas: 45.000
  • Kapan: Rabu 27 Juni 2018
  • Wasit: Akan diumumkan

Statistik kunci:

* Kemenangan atau hasil imbang untuk Brasil akan menjamin kemajuan mereka ke babak kualifikasi.

* Serbia akan lolos jika mereka mengalahkan Brasil, tetapi hasil imbang bisa membuat mereka lolos jika Swiss kalah oleh Kosta Rika dengan lebih dari satu gol.

* Pemenang Grup E akan pergi ke Samara untuk menghadapi runner-up di Grup F, tempat yang bisa ditempati oleh Jerman, Meksiko, Swedia atau Korea Selatan.

* Posisi kedua di Grup E akan memainkan pemenang Grup F di St Petersburg.

* Serbia memiliki enam pemain dengan  satu kartu kuning, sementara Brasil memiliki Casemiro, Neymar dan Philippe Coutinho pada kartu kuning.

Brasil 2 1 1 0 3 1 2 4

Swiss 2 1 1 0 3 2 1 4

Serbia 2 1 0 1 2 2 0 3

Kosta Rika 2 0 0 2 0 3 -3 0

Pertemuan sebelumnya:

Brasil dan Serbia baru bertemu satu kali sebelumnya, dengan Brasil menang dalam pertandingan persahabatan di Sao Paulo menjelang Piala Dunia 2014 dengan satu gol. Namun, Brasil menghadapi Yugoslavia 18 kali, menang sembilan kali dan kalah hanya dua kali. Kedua kekalahan itu terjadi pada 1930 dan 1934.

Brasil Tertekan

Full back Fagner percaya tekanan adalah hasil dari penampilan spektakuler mereka menjelang turnamen, periode di mana mereka kalah hanya di satu pertandingan dari  21, mencetak 47 gol dan kebobolan hanya lima.

"Saya percaya  karena semua yang kami lakukan di kualifikasi dan persahabatan ada harapan besar kami memenangkan pertandingan kami," kata Fagner kepada wartawan di kamp pelatihan Brasil.

"Lawan kami mempersiapkan diri dengan baik untuk menetralisir kami, tetapi saya pikir, seiring dengan permainan, kami akan menciptakan peluang baik dengan drama dari profesor (pelatih Tite) atau melalui improvisasi kami sendiri. Setiap hasil dan kemenangan menghasilkan lebih banyak kepercayaan diri."

Brasil diharapkan tidak akan berubah dari tim yang mengalahkan Kosta Rika, meskipun lawan terbesar mereka adalah diri mereka sendiri.

Lima kali juara Piala Dunia telah dikritik di rumah dengan striker Neymar menanggung beban opstraksi.  Pemain termahal di dunia dan kehadiran konstan di papan reklame, televisi dan media sosial, Neymar tidak hidup sesuai dengan hype dan menangis setelah kemenangan terakhir atas Kosta Rika.

Fagner menepis anggapan bahwa tekanan itu sudah berpengaruh pada sisi Tite dan mengatakan itu adalah reaksi alami terhadap - dan mungkin bahkan konsekuensi yang disambut baik - standar tinggi mereka sendiri.

Prediksi Line Up

Serbia: Vladimir Stojkovic,  Branislav Ivanovic, Nikola Milenkovic, Dusko Tosic, Aleksandar Kolarov, Nemanja Matic, Luka Milivojevic,Dusan Tadic, Sergej Milinkovic-Savic, Adam Ljajic, Aleksandar Mitrovic

Brasil: Alisson, Fagner, Thiago Silva, Joao Miranda, Marcelo, Philippe Coutinho, Casemiro, Willian,  Roberto Firmino, Gabriel Jesus, Neymar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters/bbc/footbaalexpert
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper