Preview Meksiko vs Swedia: Rekor Pertemuan, Susunan Pemain, dan Prediksi

Meksiko dan Swedia akan bertarung di pertandingan ketiga di Grup F Piala Dunia 2018 pada Rabu (27/6/2018) pukul 21.00 WIB di Yekaterinburg Arena, YEKATERINBURG, Rusia. Pertarungan, diprediksi, masih akan berjalan ketat.
Martin Sihombing | 26 Juni 2018 20:54 WIB
Latihan tim Swedia - Reuters

Bisnis.com,  YEKATERINBURG, Rusia -  Meksiko dan Swedia akan bertarung di pertandingan ketiga di Grup F Piala  Dunia 2018 pada Rabu (27/6/2018) pukul 21.00 WIB  di Yekaterinburg Arena, YEKATERINBURG, Rusia. Pertarungan, diprediksi, masih akan berjalan ketat.

Pasalnya, jika kalah 0-2 dari  Swedia, posisi 'aman' Meksiko berbalik  rawan. Kemenangan membuat gol average Swedia menjadi 3-2, sedangkan Meksiko menjadi 3-3 dan keduanya sama-sama mengoleksi enam poin. Lalu, Jerman menang dari Korea Selatan dengan skor 2-0,  membuat skor average menjadi 4-2, maka fakta itu, Meksiko harus iklas,  pulang kampung.

Negara

Main

Menang

Kalah

Seri

Gol

Poin

Meksiko

2

2

0

0

3-1

6

Jerman

2

1

0

1

2-2

3

Swedia

2

1

0

1

2-2

3

Korsel

2

0

2

0

1-3

0

 

Maka, bila terjadi seri, Meksiko aman. Sebaliknya, Swedia menunggu hasil Jerman vs Korsel. Bila Korsel menang, maka Swedia lolos ke fase gugur. Untuk aman, Meksiko dan Swedia harus menang sehingga tidak bergantung pada nasib orang lain untuk lolos ke fase gugur (babak seperdelapan final).

Mampukah Meksiko dan Swedia meraih kemenangan?

Meksiko akan maksimal. Mereka bakal dikejar oleh bayang-bayang potensi terjungkal jika kalah dari Swedia dan Jerman menang.  Begitu juga Swedia.  

Meksiko akan mencari untuk menambahkan gloss ke kampanye Piala Dunia mereka ketika mereka menghadapi Swedia di pertandingan Grup F terakhir mereka  dengan kemenangan untuk meningkatkan citra pelatih Juan Carlos Osorio yang diperangi saat kembali ke rumah.

Hubungan Osorio dengan media Meksiko telah berduri karena eksperimennya yang sering dengan skuad sejak mengambil alih pada  2015. Masyarakat Meksiko juga tampaknya tidak yakin dengan metodenya.

Tapi itu tampaknya telah berubah sedikit setelah kemenangan mengejutkan atas juara bertahan Jerman di pertandingan pertama mereka dan menang 2-1 atas Korea Selatan, yang telah menempatkan tim teratas dari grup mereka dan di ambang kualifikasi ke babak 16 besar.

Para pendukung yang telah meminta pelatih berusia 56 tahun untuk dipecat setelah menang 1-0 atas Skotlandia pada awal bulan ini tampaknya telah membuat perdamaian mereka dengan pria asal Kolombia itu.

Osorio bisa memastikan semua orang yang terlibat dengan sepak bola Meksiko akan memiliki lebih banyak alasan untuk merayakannya setelah pertandingan Rabu di Ekaterinburg Arena.

"El Tri" akan maju ke babak sistem gugur dengan kemenangan atau hasil imbang melawan Swedia. Kekalahan juga tidak akan menghentikan kemajuan mereka jika Jerman kalah atau seri dengan Korea Selatan, yang belum membuka akun mereka. Swedia akan melanjutkan skenario itu.

Namun, penjaga gawang Guillermo Ochoa mengatakan Meksiko memiliki apa yang diperlukan untuk mengalahkan Skandinavia.

"Kami tahu itu akan turun ke pertandingan terakhir, dan itulah yang terjadi," kata Ochoa, yang telah membuat lebih banyak penyelamatan (14) setelah dua pertandingan daripada penjaga lainnya di turnamen. "Kami siap untuk memenangkan semua tiga pertandingan ... Itulah yang ingin kami lakukan."

Meksiko kemudian bisa melihat untuk memecahkan frustrasi dari enam babak 16 besar berturut-turut, tetapi menghadapi prospek bertemu Brasil di babak berikutnya.

Swedia, yang mengalahkan Korea Selatan 1-0 dalam pertandingan pertama mereka, memiliki tiga poin dan tidak beruntung untuk tidak mengumpulkan lagi dari pertandingan mereka dengan Jerman, yang mereka telah tahan imbang hingga gol  menit terakhir Toni Kroos.

Penyerang Swedia, Marcus Berg, mengakui tim itu "rusak" setelah kekalahan itu.  "Tapi ada pepatah, 'Menerobos untuk bangkit lagi' ... Kami memilikinya di tangan kami sendiri, dan itu adalah sesuatu yang kami senangi."

"Kami akan melakukan segalanya melawan Meksiko dan kami memiliki semangat luar biasa di tim. Ini akan sangat sulit untuk menghentikan kami keluar dari grup," katanya.

Statistik Kunci

    * Meksiko hanya membutuhkan hasil imbang melawan Swedia untuk menyegel mereka
kualifikasi untuk babak 16 besar untuk turnamen ketujuh  berturut-turut.
    * Meksiko berpotensi kalah jika mereka  kalah dari Swedia dan Jerman  mengalahkan Korea Selatan, berdasarkan baik selisih gol, gol yang dicetak atau poin bermain yang adil.
    * Kemenangan 2-1 mereka atas Korea Selatan pada hari Sabtu memberi mereka back-to-back menang di Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 2002.
    * Javier Hernandez menjadi pemain Meksiko pertama yang mencetak gol 50 gol untuk tim nasional ketika dia mencetak gol ke gawang  Korea. Dia juga merupakan pemain ketiga yang mencetak tiga gol di Piala Dunia berbeda untuk Meksiko.
    * Meksiko gagal melampaui 16 besar sejak 1986, ketika mereka mencapai perempat final sebagai tuan rumah turnamen.
    * Swedia akan lolos jika mereka menang lawan Meksiko dan  Korea mengalahkan Jerman.
    * Skandinavia dapat mengamankan tempat terakhir-16 tanpa menghiraukan hasil Jerman jika mereka mengalahkan Meksiko dengan selisih dua atau lebih gol.
    * Kekalahan mereka oleh Jerman menandai pertama kalinya sejak 1990 bahwa Swedia kehilangan pertandingan grup Piala Dunia, mengakhiri 10 beruntun pertandingan grup tak terkalahkan.
    * Swedia belum mengalahkan tim dari Amerika Utara atau Tengah  sejak Piala Dunia di rumah mereka pada  1958, ketika mereka mengalahkan Meksiko.
    * Pemenang grup akan mengambil runner up Grup E, yang bisa Brasil, Swiss atau Serbia. Runner-up dari grup akan menghadapi pemenang Grup E.(thesun)

Pertemuan sebelumnya:

Kedua belah pihak telah bertemu pada sembilan sebelumnya kesempatan, dengan Swedia mendapatkan yang lebih baik dari Meksiko empat kali. Satu-satunya pertandingan Piala Dunia antara kedua belah pihak terjadi pada  1958 di Swedia, ketika tim tuan rumah menang 3-0.

  •     Swedia menyimpan clean sheet  di tiga dari empat pertandingan Piala Dunia melawan tim CONCACAF - menang dua kali dan seri satu (K-1).
  •     Meksiko tidak pernah memenangkan tiga pertandingan berturut-turut di Piala Dunia dan bisa menjadi tim CONCACAF pertama yang mencapai prestasi ini dalam sejarah Piala Dunia.
  •     Kekalahan Swedia ke Jerman adalah yang pertama di babak penyisihan grup Piala Dunia sejak 1990, ketika mereka kalah 2-1 dari Kosta Rika.
  •     Meksiko telah kehilangan hanya dua dari 19 pertandingan penyisihan grup Piala Dunia terakhir mereka (M-10 S-7).
  •     Swedia hanya memenangkan empat dari 13 pertandingan Piala Dunia terakhir mereka ketika mereka mencetak gol pertama (S-5 K-4).
  •     Gol Javier Hernandez dalam kemenangan 2-0 Meksiko atas Korea Selatan adalah gol keempatnya di Piala Dunia - hanya Luis Hernandez yang mencetak gol sebanyak mungkin untuk Meksiko dalam sejarah Piala Dunia (juga empat).
  •     Ola Toivonen dari Swedia tidak mencetak gol dalam 23 pertandingan untuk Toulouse di Ligue 1 pada 2017-18, gagal dengan 19 tembakannya - di Piala Dunia 2018, Toivonen telah mencetak satu gol dari hanya dua tembakan.
  •     Swedia mencatatkan hanya 24% kepemilikan dalam kekalahan 2-1 mereka dari Jerman, angka terendah mereka dalam pertandingan Piala Dunia sejak 1966.

Sumber : Reuters/thesun

Tag : piala dunia 2018
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top