Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2018: Brasil vs Kosta Rika, Head To Head, Preview, Prediksi Line Up

Brasil, saat menghadapi Kosta Rika pada Jumat (22/6/2018), membutuhkan kemenangan untuk menghindari menyamakan rekor terburuk mereka di Piala Dunia, tetapi fokus perhatian mereka sekali lagi bukan pada tim, tetapi pada satu individu - Neymar.
Timnas Brasil latihan/Reuters
Timnas Brasil latihan/Reuters

Bisnis.com, SOCHI, Rusia - Brasil, saat menghadapi Kosta Rika pada  Jumat (22/6/2018), membutuhkan kemenangan untuk menghindari menyamakan rekor terburuk mereka di Piala Dunia, tetapi fokus perhatian mereka sekali lagi bukan pada tim, tetapi pada satu individu - Neymar.

Pemain Paris St Germain menyukai pusat perhatian, tetapi perhatian menjelang pertandingan hari Jumat di St Petersburg telah datang untuk semua alasan yang salah.

Neymar dikritik karena penampilannya dalam hasil imbang 1-1 Brasil dengan Swiss dalam pertandingan pembuka mereka akhir pekan lalu.

Dia diburu tanpa ampun oleh Swiss, menarik 10 dari 19 pelanggaran Brasil, sebanyak beberapa tim.

Namun, dia juga di bawah par dan menunjukkan sedikit tanda-tanda dari bentuk terbaiknya yang membuatnya menjadi pesepakbola termahal di dunia ketika Paris St Germain menandatanganinya dari Barcelona Agustus lalu.

Lebih buruk lagi, banyak penggemar berpikir dia bermain untuk dirinya sendiri daripada negaranya.

"Setiap kali bola datang kepadanya, dia memperlambat permainan, terlepas apakah itu hal yang benar untuk dilakukan atau tidak," kata mantan bek Prancis Marcel Desailly dalam The Guardian.

"Karena dia tahu dia memiliki bakat untuk berganti gim, kamu mendapat kesan Neymar ingin menjadi orang yang melakukan sesuatu yang istimewa. Tapi dia harus mengerti bahwa itu tidak seperti itu di level internasional. Dia mungkin pemain terbesar, tapi Anda harus memikirkan kolektif. "

Neymar tertatih-tatih keluar dari sesi latihan Selasa dengan sakit pergelangan kaki, tetapi dia diharapkan akan fit untuk hal  yang bisa menjadi pertandingan Piala Dunia keempat Brasil tanpa kemenangan, sebuah coretan yang tidak diinginkan yang akan menyamai lintasan termiskin mereka yang pernah terjadi, tercatat pada 1974-1978.

Lawan mereka di St Petersburg juga putus asa untuk poin setelah mereka kehilangan pembuka mereka ke Serbia.

Perempat finalis empat tahun lalu, Kosta Rika telah kehilangan tujuh dari sembilan pertandingan terakhir mereka dan hanya mencetak lima gol dalam proses.

Bentuk itu menunjukkan lima kali juara dunia harus mengamankan poin.  Meskipun Brasil tidak mengambil apa pun begitu saja - dengan atau tanpa kecemerlangan Neymar yang tak terbantahkan.

"Ini akan menjadi pertandingan yang sulit seperti semua pertandingan di Piala Dunia," kata Philippe Coutinho. "Mereka tim yang bagus. Kami melihat pertandingan melawan Serbia, dan itu hanya diputuskan melalui situasi bola mati."

"Ini adalah kesempatan lain bagi kami. Kami harus melakukannya, kami semua fokus. Kami secara mental kuat untuk memainkan permainan hebat."

 The Dailymail melaporkan, dalam pertemuan sebelumnya,  Brasil mendominasi jalannya pertandingan dari Kosta Rika. Tim Amerika Selatan telah memenangkan sembilan dari sepuluh pertemuan mereka, dengan kesuksesan satu-satunya yang pernah dialami Kosta Rika pada 1960.

Pertemuan terakhir antara duo ini terjadi dalam pertandingan persahabatan pada  2015, ketika satu gol dari Hulk sudah cukup untuk memberikan Brasil kemenangan tipis.

Brasil vs Kosta Rika
Di mana: Stadion Saint Petersburg, St. Petersburg
Kapasitas: 64.468
Waktu:  Jumat (22/6/2018) 15:00 lokal (19.00 WIB)

Statistik kunci:

* Jika Brasil gagal mengalahkan Kosta Rika,  mereka akan menyamai rekor terburuk mereka dalam empat pertandingan tanpa kemenangan di putaran final Piala Dunia, sebuah perlombaan yang membentang pada turnamen 1974 dan 1978.

* Kosta Rika meraih hasil terbaik Piala Dunia empat tahun lalu di Brasil, di mana mereka mencapai babak perempat final. Mereka disingkirkan oleh Belanda melalui adu penalti.

* Brasil belum pernah kalah dalam 13 pertandingan kompetitif terakhir mereka

Pertemuan sebelumnya: Kedua belah pihak telah bertemu 10 kali, dengan Brasil menang sembilan kali. Brasil menang 1-0 dalam pertemuan terakhir mereka pada September 2015.

Prediksi Line Up

TheSun:

Brasil: Alisson, Danilo, Thiago Silva, Miranda, Marcelo. Paulinho, Casemiro, Coutinho, Willian, Jesus, Neymar

Kosta Rika: Navas, Acosta, Gonzalez, Duarte, Gamboa, Borges, Guzman, Calvo, Ruis, Venegas, Urena

FIFA.com

Brasil: Alisson; Danilo, Thiago Silva, Miranda, Marcelo; Casemiro, Paulinho; Willian, Phillipe Coutinho, Neymar; Gabriel Jesus.

Kosta Rika: Keylor Navas, Francisco Calvo, Oscar Duarte, Jhonny Acosta, Giancarlo González, Cristian Gamboa, Celso Borges, David Guzman, Bryan Ruíz, Johan Venegas, Marco Urena.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper