Hasil Kolombia Vs Jepang: Hebat, Jepang Kalahkan Kolombia 2-1

Hasil Kolombia Vs Jepang: Hebat, Jepang Kalahkan Kolombia 2-1
Newswire | 19 Juni 2018 21:15 WIB
Timnas Jepang - Reuters/Toru Hanai

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu wakil Asia di Piala Dunia 2018, Jepang, akhirnya berhasil menaklukkan perlawanan Kolombia 2-1 pada pertandingan perdana Grup H di Mordovia Arena, malam ini, Selasa 19 Juni.

Pada menit ke-72, Yuya Osako berhasil membobol gawang kiper Kolombia, David Ospina, untuk kedua kalinya dalam pertandingan itu. Kedudukan 2-1 untuk kemenangan Jepang bertahan sampai injury time, menit ke-90+4.

Gol itu berasal dari umpan pemain kawakan Jepang, Keisuke Honda, yang baru diturunkan pada 20 menit terakhir. Honda melakukan tendangan penjuru yang gagal dihadang Ospina dan bola disambar Osako dengan tandukan yang memastikan kemenangan Jepang.

Meski sudah harus bermain dengan 10 orang sejak menit ketiga pada pertandingan perdana Grup H Piala Dunia 2018 dan ketinggalan 0-1 pada menit keenam, Kolombia tetap bisa berhasil menyamakan kedudukan 1-1 melawan Jepang sampai akhir babak pertama.

Pemain Kolombia, Juan Quintero, melakukan tendangan bebas pada menit ke-39 yang berhasil membobol gawang Jepang. Tendangan itu dilepaskan Quintero dengan cerdik karena mengarah di bawah tembok pemain dan mengecoh antipasi kiper sehingga terlambat menghadangnya.

Penjaga gawang Eiji Kawashima sempat melakukan protes dengan alasan bola berhasil ditahannya sebelum melewati garis. Tapi, wasit tetap pada keputusannya mengesahkan gol dan bukti rekaman dari Videso Assistant Referee (VAR) di layar lebar menguatkan pengesahan gol itu.

Sebelumnya Jepang memimpin 1-0 melawan Kolombia pada pertandingan perdana Grup H Piala Dunia 2018 di Mordovia Arena.

Mantan pemain Manchester United, Shinji Kagawa, mencetak gol melalui tendangan penalti pada menit keenam. Hukuman penalti diberikan pada menit ketiga kepada tim Kolombia, setelah Carlos Sanchez melakukan pelanggaran dalam kotak “terlarang” tersebut.

Peristiwa itu terjadi setelah tendangan Yuya Osaka berhasil ditepis kiper Kolombia, David Ospina. Bola yang muntah ke mulut gawang segera disambut Kagawa dan Sanchez berusaha menghadang bola dengan tangannya. Tindakan Sanchez itu jelas merupakan bentuk pelanggaran handball di dalam kotak penalti.

Selain memberikan penalti, wasit Damir Skomina juga langsung memberikan kartu merah kepada Sanchez, mantan pemain lini tengah Aston Villa.

Kartu merah yang diterima Sanchez pada dua menit 58 detik merupakan urutan tercepat kedua yang terjadi dalam sejarah Piala Dunia, setelah Jose Alberto Batista menerimanya pada 1986 (54 detik) untuk laga Uruguay vs Skotlandia.

Pemain gelandang serang Bayern Munchen, James Rodrigues, tidak bisa tampil sebagai pemain stater Kolombia menghadapi Jepang pada partai perdana mereka ini.

Rodriguez hanya akan duduk di bangku cadangan Kolombia pada pertandingan karena baru mengalami cedera betis pekan lalu. Ia baru diturunkan dalam babak kedua.

Sedangkan penyerang kawakan dan mantan raja gol Eropa, Radamel Falcao melakukan debutnya di Piala Dunia pada usia 32 tahun. Empat tahun lalu, Falcao absen karena cedera.

Susunan Pemain:

Kolombia: Ospina; Arias, Murillo, D Sanchez, Mojica; Lerma, C Sanchez; Cuadrado (Wilmar Barrios 31), Quintero (James Rodriguez 59), Izquierdo; Falcao.

Jepang: Kawashima; H Sakai, Yoshida, Shoji, Nagatomo; Hasebe, Shibasaki; Haraguchi, Kagawa (Keisuke Honda 69), Inui; Osako.

Sumber : Tempo

Tag : piala dunia 2018, timnas kolombia, timnas jepang
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top