Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2018: Kolombia vs Jepang, Rodriguez Diragukan

Jimat Kolombia James Rodriguez, sensasi Piala Dunia terakhir, adalah starter yang diragukan untuk pertandingan pembuka Grup H Selasa (19/6/2018) melawan Jepang di Saransk.
James Rodriguez dalam balutan jersey Timnas Kolombia/Reuters-Jaime Saldarriaga
James Rodriguez dalam balutan jersey Timnas Kolombia/Reuters-Jaime Saldarriaga

Bisnis.com, SARANSK, Rusia - Jimat Kolombia James Rodriguez, sensasi Piala Dunia terakhir, adalah starter yang diragukan untuk pertandingan pembuka Grup H Selasa (19/6/2018) melawan Jepang di Saransk.

Rodriguez, pencetak gol terbanyak di Brasil 2014 dengan enam gol dalam lima pertandingan, melewatkan sesi latihan di Kazan pada Jumat karena kelelahan otot. Betis kirinya dilaporkan telah mengganggu dirinya.

Pemain berusia 26 tahun itu berlatih di Mordovia Arena di Saransk pada hari Senin (18/6/2018), tetapi kondisi kebugarannya masih belum jelas.

"Kami sedang menunggu untuk melihat apa yang akan dikatakan dokter setelah pemeriksaan terakhir," kata pelatih Kolombia Jose Pekerman pada konferensi pers.

Harapan besar ditempatkan pada Rodriguez sebagai ujung tombak generasi pemain Kolombia terbaik sejak 1990-an. Dia memenangkan banyak penggemar netral di Brasil karena gayanya yang spektakuler - dan perayaan gol salsa-dance-nya.

Namun, penampilan klubnya sejak 2014 tidak konsisten dan dia saat ini dipinjamkan ke Bayern Munich dari Real Madrid.

Pekerman bersikeras beberapa pemain lain bisa melangkah ke sasaran jika Rodriguez tidak bisa tampil lapangan pada hari Selasa.

"Kami selalu menunggu sampai menit terakhir sebelum kami memutuskan," kata Pekerman.

"Piala Dunia dimainkan setelah musim yang sangat berat. Memang benar beberapa pemain tiba di sini di Rusia dan tidak merasa sangat nyaman. Mereka semua telah berkembang sangat baik, bahkan jika beberapa dari mereka sedikit lelah."

Salah satu pemainnya adalah striker Radamel Falcao, top skorer Kolombia sepanjang masa. "El Tigre" sangat bersemangat untuk membuat debutnya di Piala Dunia, setelah melewatkan turnamen 2014 karena cedera.

Pekerman menyebut Jose Izquierdo, Juan Quintero, dan Mateus Uribe sebagai calon penantang potensial.

"Kami memiliki cukup pemain untuk semua alternatif," katanya. "Tim kami jauh lebih kaya, jauh lebih kuat (dibandingkan pada 2014). Kami punya lebih banyak fleksibilitas."

Jika absennya Rodriguez akan mengecewakan legiun penggemar di Kolombia, itu akan melegakan pelatih Jepang, Akira Nishino.

Kolombia mengalahkan Jepang 4-1 di babak penyisihan grup pada  Piala Dunia 2014 dalam perjalanan ke perempat final, dengan Rodriguez di antara para pencetak gol.

"Dia hampir seperti simbol tim Kolombia, pengambil poin, pembuat suasana hati," kata Nishino. "Sulit untuk menandai dia. Siapa yang akan menandainya? Seluruh tim. Kami tidak bisa memberinya waktu atau ruang .... dia ada di mana-mana di lapangan."

Dengan Kolombia peringkat ke-16 oleh FIFA dan Jepang 61, "Los Cafeteros" (pembuat Kopi) disukai untuk menang. Tapi Pekerman menjelaskan dia tidak terlalu meremehkan Blue Samurai dan gaya mereka yang cepat, cepat putus.

Grup H, yang juga menampilkan Polandia dan Senegal, adalah salah satu turnamen yang lebih terbuka.

"Kami pikir Jepang akan menjadi tim yang sangat tangguh. Kami benar-benar lupa apa yang terjadi di Piala Dunia terakhir," kata Pekerman, seorang Argentina yang telah mengelola Kolombia sejak 2012.

"Dalam jangka pendek tujuan utama kami adalah pergi ke tahap berikutnya. Fase grup sangat sulit. Kami akan melihat apa yang terjadi saat ini. Kami berharap untuk setidaknya sama baiknya atau lebih baik daripada empat tahun lalu."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper