Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gonjang-ganjing Timnas Spanyol: Lopetegui Dipecat, Hierro Pelatih Baru

RFEF telah menunjuk mantan kapten timnas negara itu Fernando Hierro sebagai pelatih baru juara Piala Dunia 2010 itu dengan tugas utama memandu mereka untuk kembali juara di Piala Dunia 2018 yang dimulai pada Kamis (14/6/2018).
Fernando Hierro ketika mulai memimpin latihan Timnas Spanyol di Krasnodar, Rusia, menjelang Piala Dunia 2018./Reuters
Fernando Hierro ketika mulai memimpin latihan Timnas Spanyol di Krasnodar, Rusia, menjelang Piala Dunia 2018./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) telah menunjuk mantan kapten timnas negara itu Fernando Hierro sebagai pelatih baru juara Piala Dunia 2010 itu dengan tugas utama memandu mereka untuk kembali juara di Piala Dunia 2018 yang dimulai pada Kamis (14/6/2018).

RFEF menunjuk Hierro sebagai pelatih timnas berjuluk La Furia Roja pada Rabu (13/6/2018) menggantikan Julen Lopetegui yang telah ditetapkan juara Liga Champions Real Madrid sebagai pelatih baru mereka menggantikan Zinedine Zidane.

Zidane sendiri secara sangat mengejutkan mengumumkan pengunduran diri dari posisi pelatih Real Madrid hanya berselang 5 hari setelah tampil sebagai juara Liga Champions Eropa ketiga kali beruntun di bawah arahan pelatih asal Prancis tersebut 26 Mei lalu.

Madrid mengumumkan penunjukan Lopetegui menjelang Timnas Spanyol berjuang di putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia dan hal itu memicu kemarahan RFEF yang menganggap sang pelatih tersebut lalai memberi tahu federasi rencananya pergi ke Real Madrid.

Ironisnya, Lopetegui baru saja mendapatkan perpanjangan kontrak dari RFEF berdurasi 2 tahun sehingga mestinya dia menukangi timnas hingga 2020. Dalam 20 pertandingan di bawah Lopetegui selama 2 tahun, Spanyol tidak pernah kalah, 14 kali menang dan enam lainnya berakhir imbang.

Hierro pun dengan cepat memulai tugasnya memimpin sesi latihan Timnas Spanyol di Krasnodar, Rusia. Dia juga telah memberikan keterangan pers resmi di sela-sela latihan Sergio Ramos dan kawan-kawan.

Pria berusia 50 tahun itu mengatakan berencana melanjutkan pekerjaan yang baik yang diwariskan Lopetegui saat ia mempersiapkan untuk memimpin negaranya ke laga pembuka mereka di Grup B Piala Dunia melawan Portugal pada Sabtu dini hari WIB (16/6/2018).

Hierro memiliki 89 caps bersama Timnas Spanyol dengan mencetak 29 gol, cukup agresif mengingat dia berposisi sebagai gelandang, hasil bagus yang ditorehkannya sepanjang 1989 hingga 2002.

Di level klub, dia menghabiskan waktu terlamanya untuk Real Madrid pada 1989 hingga 2003 di mana dia bermain dalam 439 pertandingan dan mengontribusi 102 gol.

Klub lain yang pernah dibelanya ialah Real Valladolid (1987-1989), Al Rayyan (Qatar) pada 2003-2004, serta Bolton Wanderes (Inggris) pada 2004-2005.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper