Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2018: Pelatih Timnas Spanyol Dipecat

Pelatih Spanyol Julen Lopetegui dirampas secara sensasional pada hari Rabu, dua hari sebelum pertandingan pembukaan Piala Dunia melawan Portugal, setelah federasi negara itu mengatakan dia gagal memberi tahu mereka bahwa dia telah setuju untuk bergabung dengan Real Madrid setelah turnamen.
Pelatih Spanyol Julen Lopetegui dipecat secara sensasional pada  Rabu (13/6), dua hari sebelum pertandingan pembukaan Piala Dunia melawan Portugal, setelah federasi negara itu mengatakan dia tidak memberi tahu mereka bahwa dia telah setuju untuk bergabung dengan Real Madrid setelah turnamen/Reuters
Pelatih Spanyol Julen Lopetegui dipecat secara sensasional pada Rabu (13/6), dua hari sebelum pertandingan pembukaan Piala Dunia melawan Portugal, setelah federasi negara itu mengatakan dia tidak memberi tahu mereka bahwa dia telah setuju untuk bergabung dengan Real Madrid setelah turnamen/Reuters

Bisnis.com, KRASNODAR, Rusia  - Pelatih Spanyol Julen Lopetegui dipecat secara sensasional pada  Rabu (13/6/2018), dua hari sebelum pertandingan pembukaan Piala Dunia melawan Portugal, setelah federasi negara itu mengatakan dia gagal memberi tahu mereka bahwa dia telah setuju untuk bergabung dengan Real Madrid setelah turnamen.

Real tak terduga mengumumkan pada  Selasa  Lopetegui, yang baru saja memperpanjang kontraknya dengan Spanyol dan tak terkalahkan dalam 20 pertandingan yang bertanggung jawab, akan mengambil alih sebagai pelatih mereka musim depan.

Dalam mengumumkan keputusan itu, kepala federasi sepakbola Spanyol (RFEF) Luis Rubiales mengatakan pengganti Lopetegui akan diumumkan "segera".

Rubiales mengatakan federasi telah mengetahui tentang langkah Lopetegui lima menit sebelum diumumkan oleh para pemenang Liga Champions.

"Pelatih, sementara dia adalah karyawan RFEF, tidak dapat melakukan hal-hal dengan cara ini. Saya menemukan dengan panggilan telepon lima menit sebelum pengumuman resmi. Kami merasa berkewajiban untuk mengambil keputusan ini," kata Rubiales  dalam konferensi pers di pangkalan tim di Krasnodar.

"Jika ada yang ingin berbicara dengan salah satu karyawan kami, mereka harus berbicara kepada kami juga. Ini dasar. Ini adalah tim nasional Spanyol yang mewakili semua orang Spanyol, itu adalah tim paling penting yang kami miliki dan Piala Dunia adalah yang terbesar tahap mereka semua.

"Saya tidak merasa dikhianati, masalahnya adalah hal-hal telah dilakukan dengan tidak adanya RFEF, yang merupakan sesuatu (kami) tidak bisa membiarkannya berlalu."

Spanyol, salah satu favorit pra-turnamen dan pemenang pada 2010, juga menghadapi Maroko dan Iran di grup mereka di Rusia.

Rubiales menambahkan tidak ada perasaan benci terhadap Lopetegui, yang menggantikan Vicente del Bosque setelah Euro 2016.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Julen untuk semua yang telah dia lakukan dan dia adalah alasan besar di belakang kami berada di Rusia, tetapi kami merasa berkewajiban untuk membuang jasanya," katanya.

"Harus ada pesan untuk semua karyawan RFEF dan ada cara berperilaku yang harus Anda patuhi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper