Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Alasan Madrid Pilih Lopetegui Gantikan Zidane

Ini Alasan Madrid Pilih Lopetegui Gantikan Zidane
Pelatih tim nasional Spanyol Julen Lopetegui/REUTERS
Pelatih tim nasional Spanyol Julen Lopetegui/REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Real Madrid secara resmi telah mengumumkan nama Julen Lopetegui sebagai pelatih anyar mereka. Pria yang kini menangani Timnas Spanyol tersebut sebelumnya tak pernah disebut media-media Spanyol sebagai calon pengganti Zidane.

Media Spanyol, Marca dan AS, menyebutkan bahwa Real Madrid hanya membutuhkan waktu sepekan untuk mendekati Lopetegui. Nama si pelatih disodorkan oleh Jose Angel Sanchez, Direktur Umum Real Madrid.

Sanchez berpendapat bahwa Lopetegui merupakan kandidat yang paling cocok ketimbang calon lainnya seperti Antonio Conte atau pun Guti. Alasannya, Lopetegui mengenal karakter Real Madrid ketimbang para calon lainnya.

Sebagai pemain, Lopetegui, pernah berseragam Los Blancos sebagai penjaga gawang. Dia juga sempat menangani tim Real Madrid Castilla pada 2008 hingga 2010.

Sebagian besar pemain Real Madrid saat ini juga memiliki sejarah dengan pria berusia 51 tahun itu. Bukan hanya yang menghuni Timnas Spanyol, tetapi pemain seperti Casemiro juga pernah mencicipi racikan Lopetegui. Bahkan, pria yang pernah bermain untuk Barcelona itu merupakan sosok yang menyelamatkan karir Casemiro di Real Madrid.

Lopetegui pernah meminjam Casemiro dari Real Madrid saat menangani FC Porto pada 2014. Saat itu, Casemiro hanya menjadi penghangat bangku cadangan di skuad asuhan Rafael Benitez.

Semusim bersama Lopetegui, permainan Casemiro berkembang pesat. Dia lantas ditarik kembali oleh Real Madrid yang ditangani Zinedine Zidane. Sejak saat itu, Casemiro pun menjadi bagian penting dari tiga gelar juara Liga Champions Real Madrid.

Isco dan Nacho Fernandez juga merupakan dua pemain yang memiliki kenangan manis bersama Lopetegui. Isco merupakan bagian dari sukses Lopetegui kala menangani Timnas Spanyol U-19 dan U-23. Kala itu Tim Matador muda merajai Eropa pada 2012 dan 2013. Sementara Nacho Fernandez merupakan pemain yang diorbitkan si pelatih kala menangani tim Real Madrid Castilla.

Pengalamannya mengorbitkan pemain muda menjadi alasan lain kenapa Real Madrid mengorbitkannya. Dengan para pemain senior seperti Cristiano Ronaldo, Sergio Ramos, Marcelo, sudah memasuki akhri karirnya, Lopetegui diharapkan bisa melakukan peremajaan skuad.

Alasan lainnya adalah karena rekam jejaknya selama menangani Timnas Spanyol. Lopetegui mampu membawa Timnas Spanyol tak terkalahkan dalam 20 laga sejak 2016 lalu. Skuad Matador juga mampu memenangkan 14 laga diantaranya.

Di bawah asuhannya, Timnas Spanyol bermain atraktif dan tajam meskipun skuadnya saat ini disebut mengalami krisis penyerang. Dia dianggap sebagai pakar strategi yang tak kalah dari Zinedine Zidane dengan kemampuannya mengubah-ubah skema permainan dari 3-5-2, 4-2-3-1 hingga 4-3-3 dengan sama baiknya.

Kemampuannya itulah yang diharapkan para petinggi Real Madrid bisa meneruskan langkah mereka sebagai juara Eropa selama tiga tahun terakhir. Julen Lopetegui juga diberi beban berat untuk juga sukses di kompetisi Eropa.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper