Piala Dunia 2018: Ini Delapan Rekor yang Bisa Terpecahkan di Rusia

Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) menyebut terdapat sejumlah rekor yang berpotensi dipecahkan dalam penyelenggaraan Piala Dunia 2018 di Rusia.
Rio Sandy Pradana | 12 Juni 2018 18:03 WIB
Timnas Jerman juara Piala Dunia 2014 - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) menyebut terdapat sejumlah rekor yang berpotensi dipecahkan dalam penyelenggaraan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Berdasarkan laman resmi FIFA yang dikutip Bisnis, Selasa (12/6/2018), terdapat delapan rekor yang berpotensi terpecahkan.

Pertama, rekor usia gabungan pelatih tertua yang selama ini dipegang oleh Otto Rehhagel dari Yunani dan Lars Lagerback dari Nigeria (Piala Dunia 2010 Afrika Selatan), yakni 133 tahun dan sembilan bulan.

Rekor tersebut bisa terpecahkan seandainya Uruguay dan Portugal bertemu di Babak 16, dengan usia gabungan masing-masing pelatih Oscar Tabarez dan Fernando Santos mencapai 135 tahun dan tiga bulan.

Kedua, rekor usia pemain aktif tertua milik penjaga gawang timnas Kolombia Faryd Mondragon (43 tahun dan tiga hari) akan pecah apabila Essam El-Hadary yang berusia 45 tahun dan lima bulan diturunkan mengawal mistar gawang Mesir melawan Uruguay.

Ketiga, Jerman bersiap mematahkan rekor 13 pertandingan tak terkalahkan milik Brasil dalam rentang waktu perempat final 1954 dan babak penyisihan grup di 1966 di Piala Dunia. Der Panzer akan memulai Piala Dunia Rusia 2018 dengan delapan pertandingan beruntun tak terkalahkan di turnamen.

Keempat, Lionel Messi cukup membutuhkan tiga gol lagi untuk mematahkan rekor milik sang legenda Diego Maradona sebagai kapten timnas dengan torehan enam gol.

Kelima, Thomas Muller bisa bergabung dengan seniornya Miroslav Klose dan pemain asal Peru Teofilo Cubillas yang selalu mencetak gol pada empat penyelenggaraan Piala Dunia secara beruntun. Saat ini, Muller yang berusia 28 tahun sudah mencetak lima gol pada tiga penyelenggaraan Piala Dunia.

Keenam, Rafa Marquez akan menjadi pemain ketiga dan pemain Meksiko kedua yang selalu tampil dalam lima kali gelaran Piala Dunia secara berturut-turut. Sebelumnya, rekor tersebut dicetak oleh Antonio Carbajal (Meksiko) dan legenda Jerman Lothar Matthaus.

Ketujuh, rekor hasil imbang selama ini dipegang oleh timnas Belgia sebanyak lima pertandingan selama Piala Dunia 1998 dan 2002. Timnas Kosta Rika bisa saja menyamai karena saat ini mereka sudah mengoleksi tiga hasil imbang sejak Piala Dunia 2014 di Brasil.

Kedelapan, Didier Deschamps bisa menyamai prestasi Mario Zagallo dan Franz Beckenbauer, yang memenangkan Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih, jika mampu membawa Prancis juara di Rusia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
piala dunia 2018

Editor : Martin Sihombing
Top