FIFA Ballon d’Or, Ini 5 Nama Calon Perusak Dominasi Messi & Ronaldo

Selama 10 tahun terakhir Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mendominasi menjadi pemain terbaik FIFA dan belum ada tanda-tanda penurunan permainan. Sejak penghargaan individual itu bernama FIFA World Player of the Year kemudian menjadi FIFA Ballon dOrd pada 2010, Messi dan Ronaldo selalu mendominasi.
Thomas Mola | 11 Juni 2018 17:56 WIB
Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan Neymar Jr. menjadi kandidat Pemain Terbaik FIFA seperti 2017 - twitter

Bisnis.com, JAKARTA—Selama 10 tahun terakhir Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mendominasi menjadi pemain terbaik FIFA dan belum ada tanda-tanda penurunan permainan. Sejak penghargaan individual itu bernama FIFA World Player of the Year kemudian menjadi FIFA Ballon d’Ord pada 2010, Messi dan Ronaldo selalu mendominasi.

Sejak 2008, Ronaldo telah mengoleksi empat gelar pemain terbaik dunia, sementara Messi meraih lima gelar terbaik dunia. Pada 2018 menarik untuk melihat siapa calon yang bakal merusak persaingan untuk menggeser kedua pemain ini sebagai yang terbaik.

Sedikitnya terdapat lima nama pontensia yang berpeluang bisa menggeser Ronaldo atau Messi yang telah mendominasi selama 10 tahun terakhir. Pembaca bisa sepakat atau pun menambahkan nama lain, Bisnis mencoba merangkum dari lama FIFA jelang Piala Dunia 2018.

  1. Neymar (Brazil)

Neymar menjadi salah satu pemain yang sangat menjanjikan untuk merusak dominasi Ronaldo dan Messi. Pemain asal Brazil ini telah menjadi salah satu pemain termahal ketika memutuskan pergi dari Barcelona ke klub Prancis PSG.

Neymar memiliki kemampuan olah bola yang sangat baik. Ketika di Barcelona, trio Messi, Suarez, dan Neymar menjadi trio yang paling ditakuti pemain bertahan. Ketika memperkuat PSG, Neymar juga menjadi salah satu motor permainan klub asal Ibu Kota Prancis itu.

Untuk catatan bersama tim nasional Brazil, Neymar mungkin belum berhasil membawa Brazil juara dunia pada 2014. Namun, penyerang PSG ini membawa Brazil meraih medali emas untuk cabang sepak bola pada  Olimpiade 2016.

Tentu menarik untuk melihat kiprah Neymar besama Brazil pada Piala Dunia 2018 di Rusia mendatang. Brazil yang tergabung dalam Grup E bersama Swiss, Costa Rika, dan Serbia diprediksi bakal dengan mudah melangkah ke babak selanjutnya. Mampukah sinar Neymar bersinar dan menyodok untuk menjadi pemain terbaik? Kita tunggu saja.

 

  1. Mohamed Salah (Mesir)

Nama Mohamed Salah sontak mencuri perhatian pada musim 2017/2018 berkat kiprahnya bersama Liverpool. Pemain asal Mesir ini sebelumnya tidak begitu menonjol ketika memperkuat AS Roma, tetapi pilihannya bergabung dengan Liverpool asuhan Jurgen Klopp membuat Salah menjadi salah satu penyerang tertajam di Eropa.

Walau gagal pada final Liga Champions di Kiev, kontribusi Salah untuk mengangkat penampilan Liverpool tidak bisa dipandang sebelah mata. Salah menunjukkan dirinya sebagai salah satu penyerang paling mematikan ketika berada dalam kotak pinalti lawan.

Bersama tim nasional, Salah berhasil membawa kembali Mesir ke Piala Dunia 2018, setelah Negeri Firaun itu absen selama 28 tahun. Jika Salah bisa memulihkan diri dari cedera pada final Liga Champions, penampilannya di Rusia bakal membantu pemain asal Mesir ini untuk merusak dominasi Mesi dan Ronaldo sebagai yang terbaik di dunia.

2.Kevin de Bruyne (Belgia)

 

Foto:Reuters

Nama Kevin de Bruyne mencuri perhatian dunia berkat catatan apik dalam memberikan assist. Laman resmi FIFA menyebut pemain Belgia ini sebagai the assist king berkat umpan-umpan apik yang berbuah gol. Wajar saja jika melihat catatan de Bruyne bersama Manchester City.

Laman resmi Manchester City mencatat de Bruyne tampil dalam 45 pertandingan dan mencatat 20 assist. Tidak berhenti di situ, de Bruyne juga mencetak 11 gol untyk City. Kontribusi de Bruyne tidak diragukan lagi dan kerap menjadi pemecah kebuntuan bagi City.

Menarik melihat penampilan de Bruyne bersama sersama Belgia yang disebut-sebut sebagai ‘Kuda Hitam’ pada Piala Dunia 2018. Kemampuan menciptakan peluang yang dimiliki de Bruyne sangat dinanti. Bukan tidak mungkin jika de Bruyne tampil apik, bisa menjadi salah satu pemain terbaik pada tahun ini.

 3. Harry Kane (Inggris)

 

Foto:Reuters

Harry Kane bisa disebut sebagai salah satu penyerang kelas dunia yang dimiliki Inggris sejak Alan Shearer, yang memenangkan pemain terbaik FIFA pada 1996. Kerja keras, kemampuan membaca ruang, dan naluri tajam mencetak gol menjadi keunggulan penyerang yang memperkuat Tottenham Hotspurs ini.

Kane bisa disebut salah satu penyerang yang lengkap karena mampu mencetak gol dengan kedua kakinya ataupun dengan sundulan kepala. Pada level klub, peran Kane untuk mencetak gol tidak tergantikan yang terbukti dari 30 gol musim 2017/2018. Jumlah itu hanya kalah dari Salah yang mencetak 32 gol untuk Liverpool.

Pada ajang Piala Dunia 2018, Kane didapuk oleh Gareth Southgate sebagai kapten Inggris. The Three Lions sangat berharap pada penampilan apik Kane. Jika berhasil tampil bagus, Kane layak untuk menjadi salah satu nama nominasi sebagai pemain terbaik.

 4.Kylian Mbappe (Prancis)

 

Foto: Reuters

Nama terakhir yang layak disebut ialah Kylian Mbappe. Baru berusia 19 tahun, tetapi penampilan pemain Prancis ini sangat menjanjikan. Mbappe terbukti menjadi penyerang yang sangat agresif di depan gawang.

Sebagai pencetak gol, catatan apik Mbappe ialah ketika membawa Monaco membuat kejutan pada Liga Champions musim lalu. Ketika memperkuat PSG, Mbappe juga konsisten untuk menjadi lumbung gol berkat kombinasi dengan Neymar dan Cavani.

Piala Dunia menjadi langkah selanjutnya pembuktian diri bagi Mbappe. Menarik untuk melihat penampilan Mbappe bersama Prancis yang merupakan salah satu tim unggulan pada Piala Dunia 2018.

 

Tag : fifa
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top