Guti Calon Kuat Pengganti Zidane di Madrid

Guti mendadak muncul sebagai calon penerus Zinedine Zidane untuk menukangi juara Eropa Real Madrid.
M. Syahran W. Lubis | 09 Juni 2018 06:29 WIB
Jose Maria Gutierrez 'Guti' Hernandez ketika bermain di klub Turki Besiktas. - Reuters/Murad Sezer

Bisnis.com, JAKARTA – Victor Galvez, presiden klub Segunda B (divisi 3) Real Murcia, mengaku rencananya mengangkut Guti sebagai pelatih gagal karena eks-gelandang Timnas Spanyol itu akan menggantikan Zinedine Zidane sebagai pelatih Real Madrid.

Zidane, 45 tahun, secara mengejutkan mengundurkan diri dari pos pelatih Real Madrid hanya 5 hari setelah tim itu dibawanya menjuarai Liga Champions Eropa tiga kali secara berturut-turut.

Jose Maria Gutierrez Hernandez, nama lengkap Guti, merupakan rekan Zidane di Real Madrid sebagai sesama pemain dan sekarang menjabat sebagai pelatih tim muda Madrid, jabatan yang sebelumnya juga dipegang Zidane.

Media setempat sebenarnya menyodorkan sejumlah nama kandidat pengganti Zidane untuk menangani Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan.

Nama-nama seperti bos Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino dan pelatih Juventus Massimilaino Allegri muncul sebagai calon penerus Zidane di Los Blancos.

Namun, Galvez mendadak menyebutkan Guti, 41 tahun, sebagai pelatih Madrid yang akan datang karena dia gagal mendapatkannya pada musim panas ini.

“Guti tidak akan menjadi bos Murcia, karena dia ternyata bakal ditunjuk sebagai pelatih baru Madrid,” ungkap Galvez.

Guti sendiri merupakan jebolan akademi sepak bola Real Madrid. Dia kemudian bermain dalam 542 pertandingan untuk tim ibu kota tersebut di semua kompetisi selama 15 tahun menjalani karier senior dengan memenangi lima gelar juara La Liga.

Namun, Guti tidak mengakhiri karier di Madrid. Dia pindah ke Turki dan bermain untuk Besiktas pada 2012-2011.

Untuk Timnas Spanyol dia bermain dalam 13 pertandingan dengan ikut mengontribusi tiga gol pada kurun waktu 1999 hingga 2005.

Jika Guti benar-benar ditunjuk melatih Madtid, berarti dia menjejaki langkah Zidane yang pada Januari 2016 ditunjuk menangani tim senior Madrid tanpa sebelumnya pernah menjadi pelatih kepala tim pertama mana pun.

Sumber : Reuters

Tag : real madrid
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top