Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Andres Iniesta Resmi Gabung ke Vissel Kobe

Gelandang Spanyol Andres Iniesta resmi bergabung ke klub J1 League Jepang Vissel Kobe pada Kamis (24/5/2018) setelah selama 16 tahun merumput bersama FC Barcelona.
Andres Iniesta (kanan) resmi bergabung dengan klub Jepang Vissel Kobe. Dia berpose bersama Hiroshi Mikitani, bos klub barunya./Reuters-Toru Hanai
Andres Iniesta (kanan) resmi bergabung dengan klub Jepang Vissel Kobe. Dia berpose bersama Hiroshi Mikitani, bos klub barunya./Reuters-Toru Hanai

Bisnis.com, JAKARTA – Gelandang Spanyol Andres Iniesta resmi bergabung ke klub J1 League Jepang Vissel Kobe pada Kamis (24/5/2018) setelah selama 16 tahun merumput bersama FC Barcelona.

Mantan kapten Barcelona berusia 34 tahun itu, yang sejauh ini menghabiskan kariernya di Camp Nou, markas Barca, diperkenalkan pada jumpa pers Kamis ini oleh pemilik Kobe Hiroshi Mikitani yang juga bos Rakuten, sponsor utama Barcelona.

Iniesta mengenakan jersey nomor 8 di klub barunya ini, yang mengharapkan peran sang pemain berusia 34 tahun untuk memberikan gelar pertama di kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Jepang.

“Ini hari yang sangat spesial. Ini tantangan yang sangat penting bagi saya dan perjalanan karier saya,” ungkapnya seraya memberi catatan bahwa dia menghormati sepak bola Jepang yang memiliki pemain dengan kualitas tinggi.

"Oleh karena itu, saya ingin berkontribusi untuk tim saya dan menunjukkan gaya permainan saya. Itulah mengapa saya datang ke Jepang dan melalui permainan saya, saya berharap dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan lebih lanjut untuk klub dan sepak bola Jepang," tambah pemain Timnas Spanyol itu.

Mikitani menyebut Iniesta sebagai “pesepak bola paling dihormati di dunia” dan kedatangannya bukan hanya akan berkontribusi untuk Kobe, melainkan juga mengangkat J1 League ke level yang lebih tinggi.

“Saya berharap J1 League berkembang menjadi salah satu liga dunia yang banyak orang ingin menyaksikannya,” lanjut pebisnis tersebut.

Iniesta bergabung dengan mantan pemain Timnas Jerman berdarah Polandia, Lukas Podolski, yang ke klub tersebut tahun lalu.

Michael Laudrup, bintang Barcelona dan Timnas Denmark, pernah merumput bersama Kobe pada 1996-1997, sementara mantan ujung tombak Barcelona Gary Lineker—penyerang Timnas Inggris—menjalani karier di Jepang bersama Nagoya Grampus Eight pada 1992 hingga 1994.

Iniesta, 34 tahun, pada April lalu mengumumkan pamit dari Barca setelah mulai berada di klub berjuluk Blaugrana tersebut, tepatnya ke akademi sepak bolanya, pada 1996 ketika baru berusia 12 tahun.

Setelah menuntaskan penandatanganan kontrak dengan Kobe, Iniesta akan bergabung dengan skuat Timnas Spanyol pada Senin (28/5/2018) yang segera bersiap untuk bertarung di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Iniesta tengah mengincar trofi kedua Piala Dunia untuk dirinya dan juga untuk Spanyol. Dia mencetak gol tunggal Spanyol ke gawang Belanda dalam pertandingan final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, yang memberi gelar juara dunia pertama kali untuk tim Matador.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper