Hasil Liga 1: Gol Tangan Tuhan Bantu Persela Libas Persija

Persela Lamongan memetik kemenangan dengan skor 2-0 atas tamunya Persija Jakarta dalam pertandingan penutup pekan kesembilan Liga 1 2018 di Stadion Surajaya, Lamongan, Jawa Timur.
M. Syahran W. Lubis | 20 Mei 2018 22:50 WIB
Bek Persija Jakarta Jaimerson da Silva (kanan) menanduk bola untuk menyapu serangan para pemain Persela Lamongan dalam pertandingan Liga 1. Persela menang 2-0. - Antara/M. Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Persela Lamongan memetik kemenangan dengan skor 2-0 atas tamunya Persija Jakarta dalam pertandingan penutup pekan kesembilan Liga 1 2018 di Stadion Surajaya, Lamongan, Jawa Timur.

Sayangnya, sebagaimana disiarkan secara langsung oleh Indosiar, kemenangan Persela terbantu oleh ‘gol tangan tuhan’ alias gol dengan dorongan tangan yang dilakukan Diego Assis yang membuka skor 1-0 pada menit ke-84.

Sebelum gol kontroversial itu terjadi, kedua tim menerapkan saling serang dan pertandingan berjalan dalam tempo tinggi. Kedua tim mencatat sejumlah peluang, tetapi digagalkan kedua kiper atau bola melenceng sedikit saja dari bidang gawang.

Salah satu peluang terbaik dimiliki Persela ketika mendapatkan penalti pada menit ke-50 setelah pemain Persija Maman Abdurahman menjatuhkan Diego Assis di kotak terlarang. Namun, eksekusi yang diambil Shohei Matsunaga melambung tipis di atas mistar gawang Persija yang dikawal kiper Daryono.

Persela akhirnya membuka skor pada menit ke-84. Umpan lambung Saddil Ramdani dari sisi kiri wilayah pertahanan Persija dapat disambar Diego Assis dengan tendangan gunting dan membentur tiang kiri gawang Persija, bola reboundi didorong dengan tangan kembali oleh Diego dan masuk gawang.

Pemain Persija sontak memprotes gol menggunakan tangan itu, tetapi wasit Annas Aprilindi dan perangkat hakim garis tetap mengesahkannya lantaran memang proses yang dilakukan Diego sangatlah cepat.

Beruntung, para pemain Persija bersikap dewasa dengan memilih meneruskanj pertandingan dan tim tamu berjuluk Macan Kemayoran menggencarkan serangan untuk menghasilkan gol balasan.

Namun yang terjadi kemudian, upaya anak-anak Ibu Kota untuk mendapatkan gol balasan justru memperlonggar barisan pertahanan dan dalam satu upaya serangan balik, umpan mendatar Saddil bisa dimaksimalkan Shohei Matsunaga untuk memberi gol kedua bagi tuan rumah pada injury time.

Tendangan Shohei mendatar keras menusuk sudut kiri bawah gawang yang dikawal Daryono setelah sempat sedikit berbelok arah tersentuh kaki bek Jaimerson da Silva yang jutru semakin menyulitkan sang penjaga gawang untuk mengkau si kulit bundar. Skor 2-0 bertahan hingga laga usai.

Ini kekalahan keempat beruntun yang diterima Ismed Sofyan dan kawan-kawan. Sebelumnya di Liga 1 Persija dikalahkan Madura United juga dengan 0-2, bahkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta serta dua kekalahan dari Home United (Singapura) masing-masing 2-3 dan 1-3 di AFC Cup.

Kekalahan ini membuat Persija terpuruk di peringkat ke-13 dengan nilai 10, sedangkan kemenangan bagi Persela mengangkat skuat asuhan Aji Santoso ke posisi kelima dengan koleksi 13 angka.

Adapun di posisi teratas dihunia dua tim dari Indonesia timur yakni Persipura Jayapura dan PSM Makassar masing-masing dengan mendulang nilai 17.

Tag : Liga 1
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top