Jadwal Liga Inggris: Liverpool ke Liga Champions, Swansea Degradasi

Liga Primer Inggris segera memasuki rangkaian pertandingan pekan terakhir. Titik perhatian terarah ke persaingan Liverpool dan Chelsea dalam berebut slot Liga Champions.
M. Syahran W. Lubis | 12 Mei 2018 10:11 WIB
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengincar tiket terakhir ke Liga Champions Eropa. - Reuters/Peter Nicholls

Bisnis.com, JAKARTA – Liga Primer Inggris segera memasuki rangkaian pertandingan pekan ke-38 atau terakhir. Titik perhatian terarah ke persaingan Liverpool dan Chelsea dalam berebut slot keempat untuk mendapat tiket terakhir Liga Champions Eropa musim depan.

Empat tim teratas di klasemen akhir diganjar tiket bertarung Liga Champions. Peringkat kelima masuk Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa level kedua setelah Liga Champions.

Tiga tim teratas di klasemen sementara telah dipastikan mendapat tiket Liga Champions yakni sang juara Manchester City dengan nilai sementara 97, diikuti Manchester United 77 dan Tottenham Hotspur 74.

Liverpool menempati setrip keempat dengan nilai 72 dan posisinya ke Liga Champions belum aman karena di peringkat kelima Chelsea mengintai dengan jarak hanya 2 poin di belakangnya.

Pada matchday terakhir, Liverpool akan menjamu Brighton & Hove Albion, yang dipastikan tak terlalu berambisi lagi untuk mengejar kemenangan lantaran sudah aman dari jurang degradasi dan di sisi lain tak lagi punya kesempatan finis di slot kompetisi Eropa.

Sementara itu, Chelsea akan bertandang ke markas Newcastle United, yang juga telah aman dari degradasi dan tak bisa lagi finis di zona Eropa.

Dengan asumsi bahwa Liverpool dan Chelsea tak menemui kesulitan berarti untuk menangguk kemenangan, maka The Reds, julukan Liverpool, memiliki kemungkinan jauh lebih besar ketimbang The Blues chelsea untuk mengakhiri kompetisi di peringkat keempat.

Titik perhatian lain ialah Swansea City yang mesti bersiap degradasi dan berkompetisi di Championship musim depan.

Dengan nilai 33 atau 3 angka tertinggal dari Soton di posisi ke-17 atau setrip terbawah zona aman, Swansea sangat sulit untuk lolos dari jurang degradasi.

Bahkan, kalau pun Soton kalah lumayan telak dari ManCity dan Swansea menang dengan telak pula atas Stoke City yang telah lebih dulu degradasi, tetap Swansea yang bakal turun kasta ke kompetisi Championship.

Hal itu disebabkan selisih gol yang begitu timpang antara Soton dan Swansea. Selisih gol Swansea, tim asal Wales, adalah -27 atau berselisih 9 dengan Soton yang -18. Artinya, jumlah dari selisih gol kemenangan Swansea atas Stoke dan selisih kekalahan Soton dari ManCity harus mencapai sembilan gol.

Berikut jadwal lengkap pekan terakhir Liga Primer Inggris yang digelar secara bersamaan pada Minggu (13/5/2018) mulai pk. 21:00 WIB:

Burnley vs AFC Bournemouth; Crystal Palace vs West Bromwich Albion; Huddersfield Town vs Arsenal; Liverpool vs Brighton & Hove Albion; Manchester United vs Watford; Newcastle United vs Chelsea; Southampton vs Manchester City; Swansea City vs Stoke City; Tottenham Hotspur vs Leicester City; West Ham United vs Everton

Sumber : Reuters

Tag : liga inggris
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top