Hasil Liga 1: Persija Tumbang di Senayan, Madura Teratas Geser Persipura

Madura United mempermalukan Persija 2-0 dan naik ke posisi teratas klasemen Liga 1 menggeser Persipura.
M. Syahran W. Lubis | 12 Mei 2018 23:39 WIB
Para pemain Madura United (putih) merayakan gol ke gawang Persija Jakarta. - Antara/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA – Madura United naik ke posisi teratas klasemen sementara Liga 1 2018 setelah berhasil menundukkan tuan rumah Persija Jakarta dengan skor 2-0 dalam matchday kedelapan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Senayan Jakarta pada Sabtu malam (12/5/2018).

Kedua gol tim tamu tersebut dicetak oleh bek Madura United Fabiano da Silva Betrame di menit ketiga dan penyerang Zah Rahan Krangar di menit ke-78.

Ini kekalahan kedua bagi Persija dari enam laga Liga 1 2018. Sebelumnya, tim berjuluk Macan Kemayoran itu ditundukkan PSMS Medan dengan skor 1-3 di Stadion Teladan Medan.

Sementara bagi Madura United, ini adalah kemenangan kelima dari delapan laga dan membuat mereka memimpin sementara klasemen Liga 1 dengan 16 poin, menggeser Persipura Jayapura yang juga di hari Sabtu (12/5), takluk 0-2 dari Persib Bandung.

Dalam pertandingan Persija kontra Madura, pelatih Persija Stefano "Teco" Cugurra menurunkan 90 persen pemain lapis kedua. Nama-nama andalan seperti Rezaldi Hehanusa, Rohit Chand, Riko Simanjuntak dan Marko Simic dibangkucadangkan.

Posisi mereka di starting eleven digantikan Valention Telaubun, Fitra Ridwan, Yan Pieter Kornelis dan Bambang Pamungkas.

Hasilnya, Persija tertekan sejak menit pertama dan harus kebobolan gol cepat di menit ketiga. Gol berawal dari tendangan penalti yang diberikan wasit Thoriq Alkatiri kepada Madura United setelah pemain tim berjuluk Laskar Sape Kerrap itu dilanggar di kotak penalti.

Fabiano Beltrame yang menjadi algojo gagal mengeksekusi tendangan penalti setelah kiper Daryono menepisnya. Namun, bola pantul hasil tangkisan kiper pengganti Andritany Ardhiyasa itu mengarah kembali ke Fabiano yang memasukkannya ke gawang.

Skor 1-0 membuat Madura United, yang turun dengan skuat utama, semakin beringas. Madura yang mengandalkan kecepatan Greg Nowokolo dan kreativitas Zah Rahan beberapa kali menyulitkan Persija Jakarta.

Namun, Persija bukannya tanpa peluang. Di menit ke-18, tendangan keras gelandang Macan Kemayoran Fitra Ridwan harus diblok oleh kiper Madura Hery Prasetyo.

Beberapa kesempatan lain untuk kedua tim tercipta setelahnya, tetapi skor 1-0 di untuk keunggulan Madura United tetap bertahan sampai laga memasuki masa jeda.

Di babak kedua, pelatih Persija Stefano Cugurra memasukkan Ramdani Lestaluhu (di menit ke-46), Riko Simanjuntak (menit ke-57) dan Marko Simic (menit ke-65) untuk mengejar ketinggalan.

Keputusan itu terasa tepat setelah dalam rentang 6 menit sejak menit ke-67, Persija membuat setidak-tidaknya empat peluang melalui tiga pemain tersebut. Salah satunya yaitu tendangan Ramdani Lestaluhu di menit ke-73 bahkan sempat menjadi gol, tetapi dianulir oleh wasit karena offside.

Terus menyerang, Persija justru kebobolan di menit ke-78. Madura United yang dibabak kedua mengandalkan serangan balik membuat skor menjadi 2-0 hasil sepakan playmaker Zah Rahan. Tak ada gol tambahan tercipta dan skor tetap 2-0 untuk kemenangan Madura United.

Dengan hasil itu, Madura United bercokol di posisi teratas klasemen sementara dengan nilai 16, sedangkan Persija di urutan kedelapan dengan nilai 10.

Kesuksesan Madura United naik ke peringkat paling atas itu tak lepas dari kekalahan Persipura Jayapura juga dengan skor 0-2 dari tuan rumah Persib Bandung beberapa jam sebelumnya.

Sumber : Liga Indonesia, Soccerway, & Antara

Tag : Liga 1
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top