Jadwal Liga Belanda: Tinggal Ramai di Slot Playoff Liga Europa

Eredivisie, kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Belanda, segera menggelar sembilan pertandingan matchday ke-34 atau terakhir.
M. Syahran W. Lubis | 06 Mei 2018 12:40 WIB
Giovanni van Bronckhorst, pelatih Feyenoord Rotterdam, anak asuhnya telah memastikan masuk playoff domestik Eredivisie untuk ke jalur playoff Liga Europa. - Football Oranje

Bisnis.com, JAKARTA – Eredivisie, kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Belanda, segera menggelar sembilan pertandingan matchday ke-34 atau terakhir.

Sejatinya, rangkaian pertandingan kali ini 99 persen tak mengubah posisi apa pun dalam klasemen berkaitan dengan juara, jatah tiket ke kompetisi Eropa, tim promosi-degradasi, dan praktis tinggal memenuhi jadwal yang telah disusun setahun yang lalu.

Apa pun hasil pertandingan pekan terakhir ini, PSV tak tergoyahkan sebagai juara dan meraih tiket ke jalur kualifikasi Liga Champions Eropa.

Ajax Amsterdam juga dipastikan masuk jalur kualifikasi Liga Champions dengan finis di peringkat kedua. Sementara, peringkat ketiga AZ Alkmaar telah dipastikan lolos ke Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa kasta kedua.

Eredivisie tidak mendapatkan jatah langsung masuk fase grup Liga Champions dan harus masuk jalur kualifikasi melawan wakil negara lain terlebih dulu akibat prestasi buruk tim-tim Belanda di ajang kompetisi antarklub Eropa tertinggi itu selama belasan tahun terakhir.

Di papan bawah, Twente Enschede sudah dipastikan degradasi, sedangkan peringkat 16 dan 17, Roda JC Kerkrade dan Sparta Rotterdam, menjalan playoff promosi-degradasi melawan peringkat kedua dan ketiga klasemen akhir Eerste (divisi 2).

Yang berpotensi sedikit berubah ialah pada jatah tiket playoff domestik untuk berebut tiket ke jalur playoff Liga Europa. Peringkat keempat hingga ketujuh memang akan saling beradu untuk berebut tiket ke playoff Liga Europa melawan negara lain.

Saat ini peringkat keempat hingga ketujuh diisi Feyenoord Rotterdam dengan nilai 63, Utrecht 51, Vitesse Arnhem 48, dan SC Heerenveen 46.

Feyenoord, Utrecht, dan Vitesse telah aman di zona playoff domestik, sedangkan Heerenveen masih harus menaklukkan Feyenoord untuk memastikan posisi ketujuhnya tak digusur PEC Zwolle atau ADO Den Haag yang nilai nereka masing-masing hanya berselisih 2 di belakang Heerenveen.

SC Heerenveen vs Feyenoord Rotterdam; Utrecht vs VVV Venlo; Sparta Rotterdam vs Heracles Almelo; AZ Alkmaar vs PEC Zwolle; Willem II Tilburg vs Vitesse Arnhem vs PSV Eindhoven vs Groningen; Excelsior vs Ajax Amsterdam; Roda JC Kerkrade vs ADO Den Haag; Twente Enschede vs NAC Breda.

Sumber : Reuters

Tag : eredivisie
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top