Hasil Bundesliga Jerman: Dortmund Kalah, Tapi ke Liga Champions

Borussia Dortmund menelan kekalahan dari tim papan bawah Mainz 05 dengan skor tipis 1-2, tetapi tiket ke Liga Champions Eropa musim depan praktis aman lantaran di laga lain, dua rival head to head-nya juga terganjal.
M. Syahran W. Lubis | 06 Mei 2018 00:41 WIB
Skuat Mainbz 05 berswafoto selepas memastikan bertahan di Bundesliga dengan menaklukkan Borussia Dortmund. - Reuters/Leon Kugeler

Bisnis.com, JAKARTA – Borussia Dortmund menelan kekalahan dari tim papan bawah Mainz 05 dengan skor tipis 1-2, tetapi tiket ke Liga Champions Eropa musim depan praktis aman lantaran di laga lain, dua rival head to head-nya juga terganjal.

Pertandingan pekan ke-33 Bundesliga Jerman digelar secara serentak pada Sabtu malam WIB (5/5/2018). Di kandang sendiri, Stadion Signal Iduna Park di Dortmund, tuan rumah di luar dugaan dipaksa menyerah oleh tamunya, Mainz 05, dengan skor 1-2.

Mainz 05, yang memang memerlukan poin penuh untuk mengamankan diri dari jeratan degradasi, bermain hebat dengan mengemas dua gol dalam waktu cepat.

Pertandingan baru memasuki menit ke-4, Mainz telah menjebol gawang Dortmund melalui Bote Baku. Berselang 9 menit berikutnya, giliran Yoshinori Muto menggandakan keunggulan timnya.

Borussia Dortmund segera bangkit. Hanya 3 menit kemudian, Dortmund memberikan gol balasan lewat kontribusi Maxi Philipp. Namun, itu saja tak cukup untuk menyelamatkan tuan rumah dari kekalahan.

Meskipun kemudian mendominasi jalannya pertandingan dan menghasilkan sejumlah peluang, Dortmund tetap gagal menambah gol dan akhirnya menyerah 1-2.

Sebenarnya, kekalahan tersebut berpotensi besar menggusur Dortmund dari slot Liga Champions yakni empat besar. Beruntung bagi skuat asuhan Peter Stoger, karena dua rival head to head-nya untuk berebut tiket Liga Champions pada saat yang sama juga terganjal.

Peringkat keempat Hoffenheim dihajar 0-2 oleh tuan rumah Stuttgart, sedangkan peringkat kelima Bayer Leverkusen ditahan tanpa gol oleh tuan rumah Werder Bremen.

Posisi klasemen sementara lima besar adalah Bayern Munchen, yang telah dipastikan juara, dengan 84 angka, diikuti Schalke 04 (nilai 60) yang baru mengamankan tiket Liga Champions Eropa setelah menang 2-1 versus Augsburg, Dortmund di posisi ketiga dengan nilai 55, diikuti Hoffenheim dan Bayer Leverkusen masing-masing dengan nilai 52.

Hasil lengkap pekan ke-33: Dortmund 1 vs Mainz 2; Leipzig 4 vs Wolfsburg 1; Koln 1 vs Bayern Munchen 3; Werder Bremen 0 vs Bayer Leverkusen 0; Borussia Monchengladbach 3 vs Freiburg 1; Frankfurt 3 vs Hamburg 0; Augsburg 1 vs Schalke 2; Hannover 3 vs Hertha Berlin 1; Stuttgart 2 vs Hoffenheim 0.

Sumber : Reuters

Tag : bundesliga
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top