Hasil Liga Italia: Bantai Bologna, Juventus Dekati Podium Juara

Juventus makin dekat ke mempertahankan gelar juara Serie A Italia setelah mengatasi tamunya Bologna dengan skor 3-1 dalam pertandingan pekan ke-36.
M. Syahran W. Lubis | 06 Mei 2018 07:03 WIB
Pemain Juventus merayakan gol yang dicetak Sami Khedira (kanan) ke gawang Bologna. - Reuters/Massimo Pinca

Bisnis.com, JAKARTA – Juventus makin dekat ke mempertahankan gelar juara Serie A Italia setelah mengatasi tamunya Bologna dengan skor 3-1 dalam pertandingan pekan ke-36 pada Minggu dini hari WIB (6/5/2018).

Juventus tertinggal lebih dahulu dari tim tamu yang duduk di papan tengah klasemen sementara membuka skor pada menit ke-30 melalui eksekusi penalti.

Bologna membuat kejutan dalam insiden yang memunculkan lebih banyak pertanyaan tentang penggunaan asisten wasit video (VAR) yang sedang diujicobakan di Serie A dan liga domestik lainnya musim ini.

Gelandang Bologna Lorenzo Crisetig didorong oleh bek Juventus Daniele Rugani saat dia mencegat umpan lemah dari gawang Gianluigi Buffon dan wasit menunjuk titik putih di tengah protes para pemain Juventus.

Simone Verdi melangkah untuk mengambil tendangan penalti, tetapi harus menunggu 3 menit karena wasit Massimiliano Irrati memeriksa insiden tersebut dengan petugas VAR.

Tampaknya ada masalah komunikasi ketika wasit pergi untuk melihat monitor WAR sendiri di sisi lapangan sebelum mengonfirmasi keputusan. Verdi tetap tenang dan akhirnya sukses menjebol gawang tuan rumah yang dikawal kiper veteran Gianluigi Buffon.

Namun, nyatanya gol itu hanya keindahan sesaat bagi Bologna. Tuan rumah bangkit pada babak kedua dengan memasok tiga gol ke gawang Bologna yang dikawal kiper Antonio Mirante.

Babak kedua berjalan 6 menit, Juventus mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 akibat bek Bologna Sebastien de Maio membuat gol bunuh diri ketika mencoba memotong umpan Juan Guillermo Cuadrado.

Sami Khedira menyarangkan gol kedua yang membuat Juventus berbalik unggul 2-1 pada menit ke-63 saat tepisan kiper Mirante atas umpan silang Douglas Costa tidak sempurna dan justru mengarah ke gelandang Juventus berdarah Tunisia tersebut.

Berselang 6 menit kemudian, ujung tombak Juventus asal Argentina Paulo Dybala memastikan 3 poin untuk tuan rumah dengan golnya, juga dengan memaksimalkan assist Douglas Costa.

Dengan kemenangan itu, Juventus kini mengoleksi 91 angka dan dipastikan tampil sebagai juara pada pekan ini apabila rival terdekatnya Napoli kalah kala menjamu Torino di San Paolo.

Bahkan, kalau pun Napoli bisa memetik satu angka dari Torino, yang merupakan rival sekota Juventus, Si Nyonya Tua bisa disebut 99,99 persen juara. Hal itu disebabkan jika pun akhirnya nilai kedua tim sama, Juve unggul selisih gol setelah hasil head to head imbang 1-1.

Selisih gol Juventus saat ini 61 berbanding Napoli yang ‘hanya’ 45. Hanya keajaiban luar biasa yang memungkinkan Napoli bisa menutup perbedaan 16 gol itu hanya dalam tiga pertandingan.

Hasil pekan ke-36 hingga Minggu dini hari WIB: AC Milan 4 vs Hellas Verona 1; Juventus 3 vs Bologna 1.

Jadwal berikutnya (WIB):

Minggu, 6 Mei:

17:30   Udinese vs Inter Milan

20:00   Lazio vs Atalanta Bergamo

20:00   SPAL vs Benevento

20:00   Chievo Verona vs Crotone

20:00   Genoa vs Fiorentina

20:00   Napoli vs Torino

23:00   Sassuolo vs Sampdoria

Senin, 7 Mei:

01:45   Cagliari vs AS Roma.

Sumber : Reuters

Tag : liga italia
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top