Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indra Sjafri Kembali Melatih Timnas U-19

PSSI menetapkan Indra Sjafri kembali melatih Timnas U-19 yang sebelumnya tanpa juru taktik sepeninggal Bima Sakti.
Pelatih Timnas Indra Sjafri/Antara-Akbar Nugroho Gumay
Pelatih Timnas Indra Sjafri/Antara-Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menetapkan Indra Sjafri kembali melatih Timnas U-19 yang sebelumnya tanpa juru taktik sepeninggal Bima Sakti.

"Komite eksekutif PSSI secara bulat memutuskan memanggil kembali Indra Sjafri," ujar Pelaksana tugas Ketua Umum PSSI Joko Driyono di Jakarta pada Rabu (25/4/2018) malam.

Joko menyebutkan ada beberapa pertimbangan PSSI memanggil kembali pria asal Sumatra Barat tersebut ke Timnas U-19.

Pertama, Indra merupakan bagian dari proyek jangka panjang PSSI. Kedua, PSSI memerlukan sosok yang bisa melebur dengan Timnas U-19 dalam waktu singkat mengingat Egy Maulana dan kawan-kawan akan mengikuti Kejuaraan U-18 AFF pada 2-14 Juli 2018.

"Sebenarnya ada tujuh orang termasuk Indra Sjafri yang masuk nominasi pelatih timnas U-19, di mana tiga dari luar negeri dan empat dari Indonesia. Diskusi tentang itu tidak mudah. Setelah dilakukan beberapa evaluasi, diputuskan Indra Sjafri menjadi pilihan," kata Joko.

Indra Sjafri sendiri langsung dihadapkan dengan agenda pemusatan latihan (TC) dan uji coba bersama Timnas U-19.

TC rencananya digelar pada Mei, Juni dan Juli 2018. Pada Juni, PSSI menjadwalkan timnas U-19 mengikuti dua laga uji coba.

PSSI sendiri memberikan target yang tidak ringan pada Indra Sjafri. Indra diminta membawa timnas U-19 menjadi juara Kejuaraan AFF U-18 AFF dan peringkat empat besar Piala Asia U-19 yang digelar 18 Oktober-4 November 2018. Kedua turnamen itu digelar di Indonesia.

"Kami meminta Indra Sjafri untuk fokus menangani timnas U-19 sampai target itu tercapai," tutur Joko.

PSSI, pada Selasa (10/4), mengumumkan secara resmi bahwa Bima Sakti tidak lagi melatih tim nasional U-19 setelah bertugas selama sekitar 2 bulan agar dia kembali fokus sebagai asisten pelatih timnas U-23 yang disiapkan untuk Asian Games 2018.

Pada masa kepemimpinan Bima, timnas U-19 selalu kalah dari dua kali pertandingan uji coba yaitu takluk dari Timnas U-23 dengan skor 0-5 dan dikandaskan Timnas U-19 Jepang dengan skor 1-4.

Sebelum Bima Sakti, timnas U-19 dilatih Indra Sjafri. Indra merupakan pelatih tersukses sepanjang sejarah Timnas U-19 setelah dia membawa anak-anak asuhnya juara Piala AFF U-19 pada 2013.

Ketika itu, Indra juga berhasil menemukan bakat-bakat usia muda yang saat ini menjadi pilar tim nasional Indonesia seperti Evan Dimas, Hansamu Yama Pranata, Muhammad Hargianto, dan I Putu Gede Juni Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper