Gobolabali Gagas Latihan Sepak Bola Berbasis Android

Pelatihan sepak bola berbasis android dan sistem web yang digagas oleh Gobolabali dinilai layak untuk dikembangkan terutama untuk pembinaan pemain usia muda usia 5-15 tahun.
Newswire | 15 April 2018 07:31 WIB
Ilustrasi - Reuters/Andrew Couldridge

Bisnis.com, JAKARTA – Pelatihan sepak bola berbasis android dan sistem web yang digagas oleh Gobolabali dinilai layak untuk dikembangkan terutama untuk pembinaan pemain usia muda usia 5-15 tahun.

"Ini terobosan baru dalam pembinaan sepak bola. Apalagi program ini tidak berbenturan dengan program penguatan data base pemain yang saat ini sedang dikembangkan Kemenpora," kata Deputi III Kemenpora Raden Isnanta.

Menurut dia, memang sudah waktunya bagi para penggiat dan pembina sepak bola melek teknologi dan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memperkuat pembinaan sehingga tidak lagi hanya mengandalkan pengamatan bersifat intuitif dalam menilai potensi atau kualitas seorang pemain.

Mereka, katanya, punya data dan statistik yang bisa dijadikan acuan untuk menilai apakah seorang pemain berkembang bagus atau tidak.

"Kita harus berubah. Di era sekarang ini hampir seluruh sektor kehidupan telah memanfaatkan kemajuan teknologi. Tentu pembinaan sepak bola juga harus melakukannya. Jadi program yang dikembangkan Gobolabali ini sangat bagus. Karena menyentuh empat hal dari fundamental skill sepak bola," tambahnya.

Isnanta menjelaskan selama ini yang terjadi hanya mengandalkan pengamatan bersifat intuitif dengan menggunakan feeling dalam menilai kualitas dari performa pemain.

Namun, dengan menggunakan perangkat teknologi, bisa diukur kemampuan seorang pemain secara terukur lengkap dengan statistiknya mulai kemampuan passingnya, driblingnya, kontrol bola, dan akurasinya dalam melakukan shooting.

Sementara itu, Ketua Umum Gobolabali I Gusti Putu Agung Nuaba menyebutkan program ini meliputi hal paling mendasar untuk anak-anak.

Pertama, teknik dasar bermain bola/futsal mulai dari touch ball passing, control dan shooting. Kedua, meningkatkan nutrisi dan yang ketiga membina attitude/sikap pemain.

Dia menjelaskan ada empat tujuan utama dari program ini yaitu membantu para orang tua untuk melihat perkembangan anaknya.

Kemudian, membantu pelatih untuk membuat program latihan dan evaluasi sesuai dengan tujuan peningkatan teknik dasar bermain bola, memberikan kesempatan kepada anak-anak yang mempunyai potensi walaupun tidak tergabung menjadi tim juara untuk tampil diajang yang lebih tinggi.

Kemudian, membuat database pemain yang dilengkapi pencapaian fundamental mereka secara terukur dan tercatat dengan baik.

Sumber : Antara

Tag : sepak bola
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top