Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelatih Timnas Spanyol Sarankan Kiper Biasakan Diri Pakai Bola Piala Dunia

Pelatih timnas Spanyol Julen Lopetegui mengatakan para kiper harus terbiasa dengan bola Piala Dunia sebelum turnamen itu dimulai pada Juni, ketimbang mengeluhkan tentang bola itu menyusul kritik yang dilontarkan kiper Jerman Marc-Andre ter Stegen dan kiper Spanyol Pepe Reina.
Pelatih tim nasional Spanyol Julen Lopetegui/REUTERS
Pelatih tim nasional Spanyol Julen Lopetegui/REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih timnas Spanyol Julen Lopetegui mengatakan para kiper harus terbiasa dengan bola Piala Dunia sebelum turnamen itu dimulai pada Juni, ketimbang mengeluhkan tentang bola itu menyusul kritik yang dilontarkan kiper Jerman Marc-Andre ter Stegen dan kiper Spanyol Pepe Reina.

"Saya tahu apa yang para pemain sampaikan kepada saya, namun itulah bola yang akan digunakan dan apapun yang lain semata-mata hanya menginjak kaki Anda dan menimbulkan kehebohan," kata Lopetegui, yang merupakan mantan kiper Barcelona dan Real Madrid, pada konferensi pers yang berlangsung pada Senin.

"Apa yang perlu kami lakukan adalah mengambil hal-hal positif, menbiasakannya, dan tidak ada yang lain," tambahnya, menjelang pertandingan pemanasan Piala Dunia melawan Argentina dan setelah Spanyol bermain imbang 1-1 dengan juara dunia Jerman pada Jumat.

Tim-tim nasional menggunakan Adidas Telstar 18 untuk pertama kalinya pada pertandingan-pertandingan internasional terkini, dan minimnya daya cengkram dan pergerakan yang liar saat di udara telah membuat bola tersebut mendapat banyak kritik.

Kiper Napoli Reina, yang kemungkinan akan masuk skuad Spanyol untuk putaran final di Rusia, tidak senang dengan bola ini, ia mengatakan kepada Diario AS, "Masih ada waktu untuk menggantinya, bahkan sebelum ajang ini dimulai."

"Saya bertaruh kepada Anda bahwa setidaknya akan ada 35 gol yang tercipta dari jarak jauh, karena mustahil untuk mengantisipasinya, belum lagi menyebutkan bahwa (bola) ini dilapisi dengan plastik film yang menyulitkan untuk digenggam," tambah Reina.

Media lokal melaporkan pandangan serupa dari kiper-kiper lain di timnas Spanyol, David de Gea dan Kepa Arrizabalaga, di mana nama yang disebut terakhir hanya berkata "tidak" ketika ditanyai apakah dirinya menyenangi bola itu.

Penyerang Jerman Thomas Mueller mencetak gol saat melawan Spanyol pada Jumat dengan sepakan jarak jauh yang terlihat mengecoh upaya De Gea, sedangkan kiper Jerman Ter Stegen menyebut Telstar sebagai "bola yang rumit."

"Bahkan meski bola tidak selalu salah, memang benar bahwa yang satu ini sedikit rumit. Anda dapat melihat gol yang kami bukukan. (Bola) itu banyak bergerak dan semestinya dapat lebih baik lagi," tuturnya.

"Kami tidak memiliki opsi lain selain membiasakan diri," tambah Ter Stegen, senada dengan Lopetegui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper