Musim Depan, Pemain Pindah Klub Boleh Tetap Main di Liga Champions

Pemain yang berganti klub selama berjalannya musim akan tetap diizinkan bermain untuk keduanya di Liga Champions Eropa di bawah aturan baru UEFA mulai 2018-2019.
Newswire | 27 Maret 2018 23:44 WIB
Gelandang serang FC Barcelona Philippe Coutinho. Dia masih terikat regulasi musim ini, tak bisa membela Barcelona di Liga Champions setelah puindah dari Liverpool pada bursa transfer Januari. - Reuters/Heino Kalis

Bisnis.com, JAKARTA – Pemain yang berganti klub selama berjalannya musim akan tetap diizinkan bermain untuk keduanya di Liga Champions Eropa di bawah aturan baru yang diumumkan Union of European Football Associations (UEFA) pada Selasa (27/3/2018).

Badan sepak bola Eropa tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa peraturan baru itu juga akan memungkinkan tim untuk menggunakan pemain pengganti keempat dalam perpanjangan waktu selama Liga Champions dan Liga Europa.

Keputusan baru itu mulai berlaku musim depan, berarti bahwa pemain yang telah diturunkan oleh satu klub di babak penyisihan grup Liga Champions, dan ditransfer selama jendela transfer Januari, dapat bermain untuk klub barunya di babak sistem gugur. Hal yang sama berlaku untuk Liga Europa.

Berdasarkan aturan saat ini, klub yang lolos ke babak sistem gugur Liga Champions atau Liga Europa diizinkan untuk mendaftarkan tiga pemain baru.

Ketentuan ini termasuk satu pemain yang telah mewakili klub yang berbeda di babak grup Liga Europa, tetapi tidak bisa dimainkan lagi untuk klub lain di babak penyisihan grup Liga Champions.

Keputusan itu saat ini mencegah Barcelona menurunkan Philippe Coutinho di Liga Champions musim ini karena ia telah bermain untuk Liverpool.

Alexis Sanchez memenuhi syarat untuk Manchester United, namun, saat ia beralih dari Arsenal di Liga Europa ke Liga Champions.

Aturan baru menyatakan bahwa "klub dapat mendaftarkan tiga pemain baru yang memenuhi syarat tanpa batasan apa pun."

UEFA mengatakan peraturan baru itu membuatnya sejalan dengan liga domestik yang "tidak memaksakan pembatasan kelayakan untuk kompetisi pemain yang terdaftar untuk klub baru selama jendela transfer musim dingin."

UEFA mengatakan, pergantian pemain keempat akan diizinkan setelah disetujui oleh badan pembuat undang-undang sepak bola IFAB pada 3 Maret.

Dikatakan bahwa 23 pemain, bukan 18, akan diizinkan di susunan tim untuk final Liga Champions dan Liga Europa, dan pertandingan Piala Super Eropa.

Sumber : Antara/Reuters

Tag : liga champions
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top