Gattuso Tetap Bangga dengan Pasukannya Meski AC Milan Gagal ke Perempat Final

AC Milan kandas di babak 16 besar Liga Europa. Mereka takluk 1-3 di kandang Arsenal, Emirates Stadium, pada Jumat dinihari WIB, dan secara agregat kalah 1-5.
Newswire | 16 Maret 2018 15:26 WIB
Gennaro Gattuso - Reuters/Antonio Bronic

Bisnis.com, JAKARTA - AC Milan kandas di babak 16 besar Liga Europa. Mereka takluk 1-3 di kandang Arsenal, Emirates Stadium, pada Jumat dinihari WIB, dan secara agregat kalah 1-5.

Dua kekalahan dari Arsenal di kompetisi Eropa ini menghancurkan momentum kebangkitan Milan yang tengah berlangsung di bawah arahan Gennaro Gattuso. Namun, Sang Pelatih tetap memuji pemainnya seusai laga itu.

"Saya bangga dengan para pemain. Kami sudah gagal sejak kalah di San Siro," kata dia. "Yang membuat saya marah adalah kami seperti menyerah setelah tertinggal 2-1 dan kebobolan gol ketiga. Kami harus terus berjalan."

Setelah kalah 2-0 di laga pertama, Milan sempat mencetak gol lebih dahulu lewat Hakan Calhanoglu pada menit ke-35. Tapi, Arsenal menyamakan kedudukan lewat gol penalti Danny Welbeck (39).

Penalti itu dinilai kontroversial karena Arsenal mendapatkannya setelah Welbeck dianggap menjatuhkan diri dengan sengaja (diving). Ia dinilai sengaja mencari kontak dengan Ricardo Rodriguez lalu menjatuhkan diri di kotak penalti.

Setelah gol itu, Arsenal lebih percaya diri. Tim asuhan Arsene Wenger itu akhirnya berbalik unggul lewat Granit Xhaka (71) dan gol kedua Danny Welbeck (86). Arsenal lolos dengan keunggulan agregat 5-1.

Gattuso tak mau membahas penalti yang kontroversial itu. "Saya tidak ingin membicarakan wasit, karena mereka juga bisa membuat kesalahan seperti pemain," kata dia. "Saya bangga dengan anak-anak saya dan kita harus melanjutkan jalan ini."

Meski kalah, ia menilai timnya mengalami kemajuan. "Saya pikir tim ini telah meningkatkan standar di Italia. Dua pertandingan melawan Arsenal yang sangat kuat menunjukkan bahwa kami bisa menyulitkan mereka. Saya tidak mencari alibi," kata dia.

Ia menilai, alibi apapun tak diperlukan di laga ini, karena timnya sudah seperti tersingkir sejak laga pertama. "Sekarang kami harus menghadapi laga demi laga. Ini adalah tim yang masih muda, bisa berbuat lebih banyak dan mencapai level dimana Arsenal berada saat ini. Mereka memiliki lebih banyak pengalaman dan naluri menyerang."

AC Milan selanjutnya akan melawan Chievo dalam lanjutan Liga Italia akhir pekan ini. Mereka saat ini masih berada di posisi keenam klasemen.

Sumber : Tempo

Tag : ac milan
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top