Hughes Favorit Gantikan Pellegrino Tangani Southampton

Mark Hughes, yang terakhir menangani Stoke City, difavoritkan untuk menggantikan Mauricio Pellegrino melatih Southampton.
M. Syahran W. Lubis | 14 Maret 2018 10:53 WIB
Mark Hughes - Reuters/Peter Cziborra

Bisnis.com, JAKARTA – Mark Hughes, yang terakhir menangani Stoke City, difavoritkan untuk menggantikan Mauricio Pellegrino melatih Southampton. Hughes adalah mantan pemain Southampton.

Soton memecat Pellegrino, yang berasal dari Argentina, pada awal pekan ini setelah tim tersebut hanya satu kali menang dalam 17 pertandingan terakhir di ajang Liga Primer Inggris.

Catatan yang sangat buruk itu membuat Soton terancam masuk jurang degradasi. Saat ini Soton mengisi slot ke-17 dalam susunan klasemen sementara Liga Inggris dengan nilai 28 hasil lima kemenangan, 13 seri, dan 12 kali menelan kekalahan.

Perolehan angka Soton itu hanya satu lebih baik dari Crystal Palace dan Stoke City yang mengisi peringkat ke-18 dan 19 atau dua teratas di zona degradasi. Sementara, dasar klasemen dihuni West Bromwich Albion dengan koleksi hanya 20 angka.

Apabila penunjukan Hughes sebagai pelatih baru Soton itu benar-benar direalisasikan, hal tersebut pun pantas dipertanyakan, mengingat lelaki asal Wales itu pun baru pada awal Januari 2018 dipecat Stoke City.

Pemecatan terhadap pelatih berusia 54 tahun itu terjadi setelah Stoke City dikalahkan 1-2 oleh Coventry City, klub League Two—kompetisi level keempat dalam sistem sepak bola Inggris—dalam putaran ketiga Piala FA (Football Association).

Sebenarnya, pemecatan terhadap Hughes itu merupakan akumulasi atas rentetan hasil buruk di ajang Liga Primer. Saat ini, Stoke yang ditangani Paul Lambert, pun masih terpuruk di zona merah degradasi.

Mark Hughes merupakan ujung tombak Manchester United. Bersama Setan Merah dia bermain dalam dua periode yakni pada 1980-1986 dan 1988-1995. Secara keseluruhan dia bermain dalam 345 pertandingan untuk MU dengan mencetak 120 gol.

Hughes, yang memang jebolan akademi sepak bola MU, pernah memperkuat Soton pada 1998 hingga 2000. Dia bermain dalam 52 pertandingan, tetapi hanya bisa mengontribusi dua gol.

Dia selalu merumput bersama klub-klub hebat. Tim-tim lain yang pernah memanfaatkan jasanya ialah Barcelona, Bayern Munchen, Everton, Chelsea, dan Blackburn Rovers.

Hughes juga pernah menjadi andalan barisan depan Timnas Wales di mana dia berhasil mengontribusi 16 gol dalam 72 pertandingan pada rentang waktu 1984 hingga 1999.

Sebagai pelatih, Hughes membuat catatan hebat dengan memulai karier justru sebagai pelatih Timnas Wales. Sebelum menangani Stoke City, dia melatih Blackburn Rovers, Manchester City, Fulham, dan Queens Park Rangers.

Sumber : Reuters

Tag : liga inggris
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top