Begini Perubahan Liga Champions dan Liga Europa Mulai Musim Depan

Kompetisi Liga Champions dan Liga Europa 2018/2019 akan mengalami perubahan format. Perubahan yang baru ditetapkan badan sepak bola Eropa (UEFA) itu menguntungkan klub di empat liga besar, yakni Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Jerman dan Liga Italia.
Newswire | 28 Februari 2018 16:15 WIB
Luka Modric bersama trofi Liga Champions Eropa - Reuters/Michael Dalder

Bisnis.com, JAKARTA - Kompetisi Liga Champions dan Liga Europa 2018/2019 akan mengalami perubahan format. Perubahan yang baru ditetapkan badan sepak bola Eropa (UEFA) itu menguntungkan klub di empat liga besar, yakni Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Jerman dan Liga Italia.

Berikut perubahan tersebut:

- Sebanyak 26 tim akan langsung lolos ke fase grup, temasuk juara Liga Champions dan Liga Europa musim sebelumnya. Enam slot tersisa bisa diperebutkan lewat kualifikasi. Musim ini, jumlah tim yang lolos langsung hanya 20.

- Perubahan kebijakan di atas juga disertai perubahan alokasi tim. Empat tim dari Liga Italia, Liga Inggris, Liga Jerman, dan Liga Spanyol langsung lolos ke babak grup.

- Untuk negara lain, jatah Liga Championnys berkurang. Liga Prancis dan Rusia hanya mendapat jatah dua. Sedangkan Portugal, Ukraina, Belgia, dan Turki mendapat jatah satu. Negara di luar itu harus berjuang lewat kualifikasi.

- Peserta yang otomatis mencapai fase grup Liga Europa juga mengalami peningkatan menjadi 17, ditambah sepuluh klub lungsuran yang tersingkir dari play-off dan babak kualifikasi ketiga Liga Champions.

- Perubahan lainnya adalah perihal kick-off pertandingan fase grup untuk kedua kompetisi. Liga Champions dan Liga Europa musim depan tersedia dua waktu kick-off, yaitu pukul 18:55 CET dan 21:00 CET, atau pukul 00:55 WIB dan 03:00 WIB.

Sumber : Tempo

Tag : liga champions, liga europa uefa
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top