Hasil Piala Gubernur Kaltim 2018: Tekuk Persiba, Persebaya Ikuti Sriwijaya ke Semifinal

Hasil Piala Gubernur Kaltim 2018: Tekuk Persiba, Persebaya Ikuti Sriwijaya ke Semifinal
Newswire | 26 Februari 2018 22:50 WIB
Suporter Persebaya Surabaya. - Antara/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA - Persebaya Surabaya akhirnya memastikan diri lolos dari fase grup Piala Gubernur Kaltim 2018 setelah mengalahkan tuan rumah Persiba Balikpapan 3-1 di Stadion Batakan, Balikpapan, Senin malam, 26 Februari 2018. 

Menurunkan 11 pemain starter yang berbeda ketika melawan Madura United di laga perdana, Persebaya seperti biasa mencoba mengendalikan permainan di awal babak pertama. Tapi, tuan rumah justru memberikan perlawanan dengan pressing ketat.

Strategi yang diterapkan Persiba itu menyebabkan Persebaya kesulitan mengembangkan permainan. Sebaliknya, hingga water break, Persiba setidaknya tiga kali mengancam gawang Persebaya dengan mengendalikan serangan balik.

Beruntung, kiper ketiga Persebaya yang diturunkan sebagai starter, Alfonsius Kelvin, tampil gemilang. Kiper berkepala pelontos itu  berkali-kali berhasil menyelamat gawangmya dan menggagalkan serangan sporadis pemain-pemain depan Persiba. 

Persebaya sempat memperoleh dua peluang. Namun, percobaan tendangan keras yang dilakukan pemain sayap Irfan Jaya dan gelandang Fandi Eko Utomo masih menyamping gawang dan bisa diselamatkan kiper Persiba, Fajar Setya Jaya. 

Persiba akhirnya berhasil mencetak gol pada menit ke-43 lewat titik putih setelah pemain depannya dilanggar di dalam kotak penalti. Ditunjuk sebagai algojo, tendangan 12 pas kapten Persiba, Bryan Cesar Ramadhan, membuat timnya unggul 1-0.

Persiba hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-45+1. Lepas dari jebakan offside, bola sepakan pemain depan Dimas Galih Gumilang berhasil dipotong kiper Alfonsius. Hingga babak pertama berakhir, skor tetap tidak berubah.

Di babak kedua, pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera, memasukkan pemain baru. Di antaranya gelandang Rendi Irwan dan Robertino Pugliara serta penyerang Rishadi Fauzi. Masuknya pemain-pemain tersebut terbukti mengubah permainan tim.

Pada menit ke-81, Rishadi Fauzi mencetak gol penyeimbang. Memanfaatkan umpan lambung dari Yohanes Ferinando Pahabol dari kanan pertahanan Persiba, pemain yang memiliki julukan Fauzimovic tersebut berhasil menyundul bola ke gawang Persiba.

Dua menit kemudian, Rendi Irwan membawa Persebaya balik unggul 2-1 dari Persiba. Pemain bertubuh mungil ini sukses mencetak gol cantik dari sisi kanan pertahanan Persiba. Rendi akhirnya menutup laga dengan kembali mencetak golnya pada menit ke-90+3.

Dengan hasil ini, Persebaya membuntuti Sriwijaya FC di puncak klasemen sementara Grup B dengan mengoleksi 5 poin dari dua laga. Meski menyisakan satu laga, kedua tim ini dipastikan lolos ke fase selanjutnya, yaitu semifinal, Piala Gubernur Kaltim II 2018.

Sumber : Tempo

Tag : persebaya
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top