Hasil Liga Spanyol: Menang 3-0, Barca Kian Mantap Pimpin Klasemen

FC Barcelona semakin memantapkan posisi teratas di klasemen sementara Divisi Primer La Liga Spanyol setelah menundukkan tamunya Levante dengan skor 3-0.
M. Syahran W. Lubis | 08 Januari 2018 00:14 WIB
Pemain Barcelona Lionel Messi (kanan) merayakan golnya ke gawang Levante bersama Jordi Alba. - Reuters/Albert Gea

Bisnis.com, JAKARTA - FC Barcelona semakin memantapkan posisi teratas di klasemen sementara Divisi Primer La Liga Spanyol setelah menundukkan tamunya Levante dengan skor telak 3-0.

Dalam pertandingan pekan ke-18 di Stadion Camp Nou di Barcelona yang berakhir pada Senin dini hari WIB (8/1/2018), kedua gol tuan rumah pada babak pertama dihasilkan oleh dua bintangnya, Lionel Messi dan Luis Alberto Suarez.

Di ujung babak kedua, ketika pertandingan telah memasuki injury time, Barca menambah sebiji gol lagi, kali ini Paulinho yang mencatatkan nama di papan skor.

Pertandingan baru memasuki menit ke-12, Barcelona telah membuka skor melalui Messi. Menguasai bola di sepertiga lapangan di pertahanan Levante, Messi mengirim umpan lambung dengan kaki kiri ke Jordi Alba yang berada di kotak penalti lawan.

Jordi Alba lantas mengembalikan si kulit bundar dengan sundulan kepala kepada Messi yang setelah melepas umpan lambung segera berlari memasuki kotak penalti Levante.

Bola hasil sundulan kepala Jordi Alba pun disambar Messi dengan sontekan kaki kiri. Bola membentur tiang kiri gawang Levante bagian dalam dan menerpa jaring, skor berubah menjadi 1-0 untuk skuat asuhan Ernesto Valverde.

Barcelona kemudian berhasil menggandakan keunggulan 7 menit menjelang turun minum. Kali ini aktornya adalah striker Timnas Uruguay Suarez.

Dia melepas tendangan keras setengah voli dari dalam kotak penalti setelah menerima sodoran dari Sergi Roberto. Bola bersarang di sudut kanan atas gawang Levante yang dikawal kiper Oier Olazabal. Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Barca tetap mendominasi jalannya pertandingan. Namun, Levante memperketat pertahanan dan menerapkan zona marking dan pressure ketat yang menyulitkan ruang gerak setiap pemain Barca untuk mengalirkan bola ataupun melakukan manuver.

Alhasil, terjadi banyak pelanggaran walaupun bukan berupa pelanggaran keras. Namun, cara itu efektif menghambat laju serangan Barcelona.

Meski demikian, Barca membuktikan kualitasnya dengan menjaringkan satu gol tambahan melalui kontribusi Paulinho. Pemain Timnas Brasil itu menyontek bola perlahan saja dari jarak dekat setelah menerima umpan silang Messi.

Dengan gol yang terjadi ketika injury time telah berjalan 4 menit itu, skor 3-0 untuk tuan rumah saat wasit Carlos del Cerro mengakhiri pertandingan.

Dengan kemenangan itu, Barcelona memantapkan posisi teratas klasemen sementara La Liga dengan koleksi 48 angka atau berjarak 9 poin dari peringkat kedua Atletico Madrid. Sementara itu, Levante tertahan di posisi ke-16 dengan nilai 18.

Hasil pekan ke-18 hingga Senin dini hari WIB: Atletico Madrid 2 vs Getafe 0; Valencia 2 vs Girona 1; Las Palmas 1 vs Eibar 2; Sevilla 3 vs Real Betis 5; Leganes 1 vs Real Sociedad 0; Barcelona 3 vs Levante 0.

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

Senin, 8 Januari:

00:30   Villarreal vs Deportivo La Coruna

00:30   Athletic Bilbao vs Deportivo Alaves

02:45   Celta Vigo vs Real Madrid

Selasa, 9 Januari:

03:00   Malaga vs Espanyol.

Sumber : Soccerway

Tag : barcelona, liga spanyol
Editor : M. Syahran W. Lubis
Top