Xavi Sebut Valverde Kembalikaan Kejayaan Barcelona

Gelandang legendaris Barcelona, Xavi Hernandez, menyebut pelatih Ernesto Valverde sebagai tokoh utama di belakang kegemilangan klub asal Catalan tersebut. Menurut Xavi, Valverde telah mengembalikan Barcelona ke masa kejayaannya dua musim lalu.
Newswire | 27 Desember 2017 17:26 WIB
Pelatih FC Barcelona Ernesto Valverde - Reuters/Albert Gea

Bisnis.com, JAKARTA - Gelandang legendaris Barcelona, Xavi Hernandez, menyebut pelatih Ernesto Valverde sebagai tokoh utama di belakang kegemilangan klub asal Catalan tersebut. Menurut Xavi, Valverde telah mengembalikan Barcelona ke masa kejayaannya dua musim lalu.

Dalam wawancara dengan media Spanyol, La Vanguardia, Xavi menyatakan Valverde telah mengembalikan gaya permainan Barcelona yang berubah di masa kepelatihan Luis Enrique. Menurut dia, Barcelona saat ini kembali bermain dengan rotasi posisi pemain yang kuat, dengan Messi sebagai kuncinya.

"Valverde? Dia percaya kepada model Barcelona 100 persen. Dia telah mengembalikan gaya permainan Barcelona. Permainan posisi kembali menjadi sangat penting dan Messi merupakan salah satu penyebab kekacauan bagi lawan," katanya.

"Para pemain sayap juga memiliki peran penting karena kini lebih mengeksplorasi ruang saat ini. Juga ada Paulinho yang bisa muncul dari lini kedua," ucap Xavi.

Xavi juga menyoroti perubahan peran Messi di Barcelona saat ini. Dia menilai pemain asal Argentina tersebut kini berperan lebih komplet. Tak hanya sebagai pencetak gol, Messi juga mengendalikan permainan Barcelona dari lini tengah.

"Leo bisa melakukan apa yang dia inginkan. Lihat bagaimana dia merebut bola dari lawan. Dia adalah pesepak bola yang komplet. Terbaik dalam sejarah," ujarnya.

"Dia juga seorang pemain sayap yang sempurna dan dia melakukan segalanya dari lini tengah. Rekan setimnya selalu mencari dia. Dia menyentuh bola lebih banyak daripada pemain Barcelona mana pun. Dan yang terlebih lagi, dia adalah pria yang baik. Dengan perilakunya di dalam dan di luar lapangan, dia merupakan contoh yang baik."

Valverde memang layak mendapatkan pujian selangit seperti itu. Meskipun sempat tumbang dari Real Madrid di Piala Super Spanyol pada awal musim, dia mampu memperbaiki performa Barcelona secara bertahap musim ini. Alhasil, Barcelona pun mampu memuncaki klasemen Liga Spanyol hingga paruh musim.

Sumber : Tempo.co

Tag : barcelona
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top