Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Piala Belanda: Ajax Terhenti, PSV Lolos ke 8 Besar

Ajax Amsterdam, juara terbanyak Piala Belanda (KNVB Beker) 18 kali, kandas di 16 besar setelah takluk 5-6 melalui adu penalti dari Twente Enschede.
Trofi Piala Belanda/Football Oranje
Trofi Piala Belanda/Football Oranje

Bisnis.com, JAKARTA - Ajax Amsterdam, juara terbanyak Piala Belanda (KNVB Beker) sebanyak 18 kali, kandas di 16 besar setelah takluk 5-6 melalui adu penalti dari tuan rumah Twente Enschede.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada Kamis pagi WIB (21/12/2017) di Stadion De Grolsch Veste di Enschede, kemenangan Twente dapat disebut dramatis.

Penyerang Ajax Justin Kulivert membuka skor pada menit ke-18 dan tim ibu kota tersebut tinggal sejengkal lagi untuk melaju ke perempat final atau 8 besar karena hingga waktu reguler 2 x 45 menit tetap unggul 1-0.

Namun, malapetaka bagi Ajax datang ketika pertandingan babak kedua berjalan semenit dan tuan rumah berhasil memaksakan perpanjangan waktu setelah mencetak gol balasan melalui pemaion asal Maroko Osama Assaidi.

Skor 2 x 45 menit menjadi 1-1 dan tuan rumah kembali berada dalam tekanan setelah pada menit ke-111 pemain belakang Thomas Lam diusir wasit Pol van Boekel keluar lapangan lantaran menerima kartu kuning kedua.

Namun, keunggulan jumlah pemain selama 9 menit gagal dimanfaatkan Ajax untuk mencetak gol kemenangan dan skor tetap seri 1-1 hingga perpanjangan waktu usai.

Tekanan terhadap tuan rumah berlanjut saat adu penalti ketika eksekusi ketiga oleh Adnane Tighadouini gagal sehingga Twente sempat ketinggalan 2-3.

Namun, kemudian eksekusi keempat Ajax melalui Hakim Ziyech juga gagal dan Twente sukses menjebol gawang Ajax di dua eksekusi berikutnya sehingga skor 4-4 saat lima oenendang pertama menyelesaikan tugas.

Kemenangan Twente dipastikan melalui eksekusi ketujuh. Pemain Twente Peet Bijen sukses menjebol gawang Ajax, sebaliknya pemain Ajax Matthijs de Ligt gagal, sehingga Twente menang 6-5.

Hasil ini cukup ironis mengingat di pentas Eredivisie, Ajax tengah berada di papan atas trek perburuan gelar, sebaliknya Twente terpuruk di papan bawah, tepatnya peringkat ke-15 dari 18 tim kontestan.

Di laga lainnya, PSV Eindhoven berhasil memastikan lolos ke perempat final setelah menang besar 4-1 atas VVV Venlo di Stadion Philips di Eindhoven.

Tuan rumah sempat dikejutkan gol tamu melalui Moreno Rutten pada menit 41, tetapi PSV langsung bangkit dengan memberikan gol balasan pada injury time babak pertama melalui Luuk de Jong sehingga skor 1-1 saat rehat.

Memasuki babak kedua, PSV menggelontorkan tiga gol ke gawang VVV melalui kontribusi Marco van Ginkel (66’), Hirving Lozano (79’), dan Nicolas Isimat-Mirin ketika injury time babak kedua memasuki menit ke-3.

Juara bertahan Piala Belanda adalah Vitesse Arnhem setelah di final pada 30 April 2017 menaklukkan AZ Alkmaar dengan skor 2-0 di Stadion De Kuip di Rotterdam.

Kali ini Vitesse telah tersungkur di putaran pertama atau babak 64 besar, kalah adu penalti 3-5 dari Swift, klub kontestan Hoofdklasse, kompetisi level kelima dalam sistem sepak bola Belanda, setelah 0-0 selama 120 menit termasuk perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Ajax, Feyenoord Rotterdam, dan PSV merupakan tiga tim teratas pengoleksi trofi Piala Belanda sejak diperebutkan pertama kali pada 1899 atau 118 tahun silam. Ajax menjuarainya 18 kali, Feyenoord 12, dan PSV 9 kali.

Hasil 16 besar Piala Belanda hingga Kamis pagi WIB: PEC Zwolle 2 vs NEC Nijmegen 0; Cambuur 3 vs GVVV 0; Willem II 3 vs RKC Waalwijk 0; PSV Eindhoven 4 vs VVV Venlo 1; Fortuna Sittard 2 vs AZ Alkmaar 4; Twente Enschede 1 vs Ajax 1 (Twente menang adu penalti 6-5).

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

Jumat, 22 Desember:

00:30   VVSB vs Roda JC Kerkrade

02:45   Feyenoord Rotterdam vs Heracles Almelo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Football Oranje
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper