Sriwijaya Berminat Ikut Piala Presiden 2018

Sriwijaya FC tertarik mengikuti turnamen pramusim Liga 1 2018, Piala Presiden, asalkan ajang tersebut tidak digelar pada awal Januari.
Newswire | 14 Desember 2017 22:25 WIB
Para pemain Sriwijaya FC tengah berlatih - Antara/Nova Wahyudi

Bisnis.com, PALEMBANG - Sriwijaya FC tertarik mengikuti turnamen pramusim Liga 1 2018, Piala Presiden, asalkan ajang tersebut tidak digelar pada awal Januari.

Pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan mengatakan syarat itu diberikan lantaran tim masih dalam tahap pembenahan kemampuan fisik hingga pertengahan Januari.

"Kami sangat bergantung dengan jadwal, kapan Piala Presiden itu digelar. Jika dilakukan di awal Januari, kemungkinan tidak bisa ikut karena belum masuk fase uji coba," kata RD, sapaan akrabnya, di Palembang, Sumatra Selatan, pada Kamis (14/12/2017).

Namun, dia melanjutkan, jika digelar pada akhir Januari atau awal Februari maka justru sebaliknya. "Tim malah sangat antusias sekali karena uji coba merupakan bagian dari program pematangan kekompakan tim," kata mantan pelatih T-Team Malaysia itu.

Sriwijaya FC terus menggeber kemampuan fisik pemain sejak memulai latihan perdana 4 Desember lalu untuk menyongsong musim kompetisi baru Liga 1 yang diperkirakan bergulir pada Februari 2018.

RD, yang berasal dari Metro, Lampung, mengatakan sejauh ini kemampuan fisik pemain menunjukkan tren peningkatan namun perlu ditingkatkan lagi karena mereka baru saja libur dari latihan selama beberapa pekan.

"Sekilas kondisi fisik memang sudah baik, dan ini juga dibuktikan dari hasil tes. Tapi tetap saja harus ditingkatkan," kata Rahmad.

Asisten pelatih Sriwijaya FC Rasiman mengatakan berdasarkan hasil tes diketahui bahwa performa fisik sebagian besar pemain Sriwijaya FC dinyatakan belum prima sehingga masih perlu diperkuat dalam latihan fisik selama beberapa pekan ke depan.

Sejumlah pemain bahkan masih di bawah standar dan belum siap bertanding, namun ada satu hingga dua pemain yang kondisi mereka sangat prima.

"Berdasarkan data terbaru, Yanto Basna dan Zalnando yang kondisi fisiknya paling baik. Selebihnya masih tahap adaptasi dan recovery," kata Rasiman.

Oleh karena itu akan disiapkan program khusus untuk meningkatkan kemampuan fisik pemain. Program ini akan diberikan secara personal ke tiap-tiap pemain agar lebih tepat sasaran.

Sriwijaya FC mengusung target tinggi musim ini setelah pada musim lalu terpuruk pada peringkat 11 pada kompetisi Go-Jek Traveloka Liga 1. Pada musim 2018, Sriwijaya FC menargetkan setidaknya menembus tiga besar Liga 1 sehingga bisa berkompetisi di AFC Cup.

Tag : sriwijaya fc
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top