Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahun Depan, PSSI Bangkitkan Kembali Piala Indonesia

PSSI memastikan adanya penyelenggaraan Copa Indonesia atau Piala Indonesia pada 2018.
PSSI/Antara-Wahyu Putro
PSSI/Antara-Wahyu Putro

Bisnis.com, JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memastikan adanya penyelenggaraan Copa Indonesia atau Piala Indonesia pada 2018.

"Ada satu jejak sejarah yang harus dijaga bersama. Lagipula semua negara punya kejuaraan di sela liga seperti Piala FA. Jadi, Indonesia sebagai negara terbesar di Asia Tenggara dan salah satu yang terbesar di Asia harus menghidupkan kembali Piala Indonesia," ujar Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria di Jakarta pada Selasa (12/12/2017).

Ratu melanjutkan Piala Indonesia menjadi semakin penting nilainya karena merupakan kompetisi di tingkat akar rumput.

Ketika ditanyakan mengenai waktu pelaksanaan, Ratu menjawab hal itu masih akan didiskusikan lebih lanjut termasuk tentang siapa yang akan melaksanakan kompetisi yang pertama kali digelar pada 2005 tersebut. "Hal-hal itu akan dibicarakan setelah 20 Desember 2017."

Ratu Tisha pun mengungkapkan alasan mengapa Piala Indonesia baru dimulai di musim 2018. Menurut dia, tahun 2017 adalah masa di mana liga masih dalam transisi dari strata ke strata. "Jadi ketika tahun depan semua strata sudah tertata rapi, di situlah kita mulai pertarungannya."

Piala Indonesia atau Copa Indonesia awalnya digelar pada 2005 dengan format layaknya Piala FA di Inggris, melibatkan semua tim dari liga terbawah.

Di pelaksanaan-pelaksanaan sebelumnya, kompetisi ini digelar dengan sistem kandang dan tandang hingga babak empat besar. Juara terakhir Piala Indonesia yang dilangsungkan tahun 2012 adalah Persibo Bojonegoro.

Adapun juara Piala Indonesia penyelenggaraan pertama tahun 2005 yaitu Arema Malang yang menaklukkan Persija Jakarta di final.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : PSSI.org & Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper