Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hempaskan United, City Kukuh di Puncak Klasemen

Pekan ke-16 Liga Premier Inggris (EPL) menyajikan Derbi Manchester yang mempertemukan Manchester United dengan Manchester City, Minggu (10/12), di Old Trafford. Pertandingan panas yang sarat gengsi ini berakhir dengan kemenangan The Citizens dengan skor 1-2.
Tendangan David Silva yang membuat Manchester City unggul lebih dulu. Pertandingan ini dimenangkan City 1-2, Minggu (10/12), di Old Trafford. / Reuters
Tendangan David Silva yang membuat Manchester City unggul lebih dulu. Pertandingan ini dimenangkan City 1-2, Minggu (10/12), di Old Trafford. / Reuters

Bisnis.com, INGGRIS – Pekan ke-16 Liga Premier Inggris (EPL) menyajikan Derbi Manchester yang mempertemukan Manchester United dengan Manchester City, Minggu (10/12), di Old Trafford. Pertandingan panas yang sarat gengsi ini berakhir dengan kemenangan The Citizens dengan skor 1-2.

United yang berada di peringkat 2 klasemen sementara EPL, punya misi memperkecil selisih poin dengan City. Namun, tim tamu yang berhasil keluar sebagai pemenang mampu memperlebar jarak menjadi selisih 11 poin.

Kini City telah menumpulkan 46 poin hasil dari 15 kemenangan, sekali kalah, dan belum terkelahkan. Sementara United membuntuti dengan 35 poin hasil dari 11 kali menang, 2 kali seri, dan 3 kali kalah.

Sebelumnya, pertandingan ini sempat dikabarkan akan ditunda lantaran ramalan cuaca memprediksi bahwa akan terjadi hujan salju yang lebat. Namun, pertandingan tetap dilaksanankan sesuai jadwal meski bermain di tengah hujan salju ringan dan suhu yang mencapai 0° C.

Jalannya Pertandingan

Bermain sebagai tim tamu, City mampu mendominasi jalannya pertandingan dengan mampu menguasai bola hingga 65%. City juga tercatat melakukan 14 kali percobaan di mana 7 di antaranya mengarah ke gawang United.

Sementara tim tuan rumah, hanya mampu menguasai bola sebanyak 35% saja dengan 8 kali melakukan percobaan dan melepaskan 5 kali ancaman ke arah gawang City.

Pertandingan ini juga tergolong ‘panas’. Pasalnya, wasit Michael Oliver meniup peluit pelanggaran sebanyak 26 kali, 16 untuk United dan sisanya untuk City. Michael Oliver juga mengeluarkan 6 kartu kuning dari kantongnya, 4 untuk United dan 2 untuk City.

Bermain sebagai tamu, City berhasil unggul lebih dulu melalui tendangan David Silva menit 43’ tepat di mulut gawang United yang dijaga kiper handal David de Gea.

Namun, tak lama untuk The Red Devils menyamakan kedudukan. Marcus Rashford berhasil menyamakan kedudukan di masa injury time babak pertama, menit 45+2’.

Bek City Fabian Delph gagal mengantisipasi umpan jarak jauh dari Marcos Rojo ke arah depan gawang United. Rashford yang berdiri bebas, melepaskan tendangan untuk menaklukan kiper Ederson Moraes.

Masuk babak kedua, anak asuh Pep Guardiola kembali unggul pada menit 54’. Bola yang hendak dibuang Romelu Lukaku di depan gawangnya sendiri, malah terkena punggung Chris Smalling.

Bola pantulannya mengarah ke Nicolas Otamendi yang tepat berada di depan gawang United. Dengan tendangan voli, Otamendi memaksa de Gea memungut lagi bola dari gawangnya.

Anak asuh Jose Mourinho nyaris menyamakan kedudukan pada menit 84’. Umpan silang Marcus Rashford disambut Lukaku tepat di depan gawang City. Tapi, kiper Ederson Moraes berhasil memblokir bola dengan mukanya.

Bola liarnya, dimanfaatkan Juan Mata untuk melepaskan tendangan ke gawang City. Lagi-lagi, Ederson Moraes berhasil memblokir tendangan tersebut. Bola yang belum aman tersebut, berhasil dibuang oleh bek City Eliaquim Mangala.

Hingga akhir pertandingan, tak ada gol tambahan untuk kedua tim. Bertandingan pun berakhir dengan kemenangan tipis City 1-2.

Susunan Pemain

Manchester United: 1-David de Gea; 25-Antonio Valencia, 12-Chris Smalling, 5-Marcos Rojo (2-Victor Lindelof 46'), 18-Ashley Young; 21-Ander Herrera (8-Juan Mata 82'), 31-Nemanja Matic; 11-Anthony Martial, 14-Jesse Lingard (10-Zlatan Ibrahimovic 76'), 19-Marcus Rashford; 9-Romelu Lukaku

Pelatih: Jose Mourinho

 

Manchester City: 31-Ederson Moraes; 18-Fabian Delph, 4-Vincent Kompany (8-Ilkay Guendogan 46'), 30-Nicolas Otamendi, 2-Kyle Walker; 21-David Silva, 25-Fernandinho, 17-Kevin De Bruyne; 19-Leroy Sane (20-Bernardo Silva 88'), 33-Gabriel Jesus (15-Eliaquim Mangala 59'), 7-Raheem Sterling

Pelatih: Josep Guardiola

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ihya Ulum Aldin
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper