Hasil Liga Inggris: ManCity Menang Derby vs MU, Derby Merseyside 1-1

Manchester City menyikat Manchester United untuk memenangi derby 2-1, sementara di derby Merseyside, Liverpool dan Everton berbagi skor imbang 1-1.
M. Syahran W. Lubis | 11 Desember 2017 05:03 WIB
Pemain Manchester City Nicolas Otamendi (30) merayakan gol ke gawang Manchester United. - The Guardian

Bisnis.com, JAKARTA - Manchester City menyikat Manchester United untuk memenangi derby 2-1, sementara di derby Merseyside, Liverpool dan Everton berbagi skor imbang 1-1, dalam pekan ke- 16 Liga Primer Inggris.

Dengan hasil di Old Trafford, markas MU, pada Senin dini hari WIB (11/12/2017) itu, City mengemas keunggulan 11 poin di puncak klasemen sementara.

Selain unggul 11 poin di puncak klasemen, Manchester City yang mengumpulkan 46 poin dari 16 laga juga memperpanjang catatan selalu menang dalam 14 laga di Liga Primer.

Sebaliknya, kekalahan ini mengakhiri rekor 40 pertandingan tidak terkalahkan MU saat berlaga di Old Trafford.

Hal lain yang menjadi perhatian dalam laga ini adalah dua gol Manchester City yang dicetak David Silva dan Nicolas Otamendi lahir servis bola mati. Di sisi lain, permainan buruk Romelu Lukaku menjadi salah satu faktor penyebab kekalahan United.

Manchester City memimpin 1-0 pada menit 43 saat tendangan sepak pojok Kevin de Bruyne disambar David Silva menggunakan tendangan voli. Romelu Lukaku sebenarnya berada dalam posisi yang cukup dekat untuk menghentikan Silva, namun tekanan dari Nicolas Otamendi membuat ia tidak bisa berbuat apa-apa untuk mengantisipasi bola.

Namun United memberikan respon cepat dengan gol balasan yang diciptakan Marcus Rashford menjelang akhir babak pertama. Marcus Rashford dengan ketenangannya menguasai bola melewati Fabian Delph kemudian melepaskan tembakan mendatar yang melewati kiper Ederson Moraes.

Kedua kubu melakukan pergantian pemain pada awal babak kedua. City memasukkan Ilkay Gundogan menggantikan Kompany, sedangkan Victor Lindelof masuk menggantikan Marcos Rojo.

Manchester United kembali tertinggal setelah City mencetak gol dari sepakan Otamendi yang meneruskan bola tendangan bebas Silva. Kecerobohan Lukaku saat menyapu bola membuat si kulit bundar mengenai tubuh Chris Smalling kemudian jatuh di kaki Otamendi pada menit 54.

Unggul satu gol membuat City memasukan pemain bertahan, Eliaquim Mangala, menggantikan Gabriel Jesus. Pergantian ini mendorong posisi Fernandinho kembali menjadi gelandang tangah.

Wasit Michael Oliver memberikan kartu kuning kepada Ander Herrera yang berpura-pura jatuh saat berebut bola dengan Otamendi.

Kiper City Ederson melakukan penyelamatan penting saat menghentikan tendangan Lukaku dan Juan Mata dalam sebuah kemelut di mulut gawang City di menit 85.

Sebaliknya, City memiliki dua kesempatan dari serangan balik dari pergerakan Bernardo Silva namun tidak ada gol yang tercipta sehingga skor 2-1 untuk kemenangan pasukan Guardiola bertahan hingga laga usai.

Sementara itu, Liverpool terpaksa menelan hasil imbang atas rival sekota, Everton, dengan skor 1-1 dalam laga bertajuk derby Merseyside.

Hasil imbang ini tercipta setelah Wayne Rooney mencetak gol dari titik putih pada babak kedua, setelah Liverpool unggul 1-0 di paruh pertama berkat gol Mohamed Salah.

Tambahan satu gol ini membuat Salah memuncaki daftar pencetak gol terbanyak Liga Inggris dengan 13 gol dari 16 laga.

Di sisi lain, hasil seri ini membuat The Reds bertahan di peringkat empat klasemen sementara dengan perolehan 30 poin, terpaut dua angka dari Chelsea yang duduk di posisi tiga walaupun dikalahkan West Ham pada Sabtu (9/12). Everton juga bertahan di peringkat 10 dengan perolehan 19 poin dari 16 laga.

Pasukan Jurgen Klopp itu menguasai jalannya laga babak pertama dengan menguasai 80 persen kepemilikan bola dan melepaskan 12 sepakan kendati cuma satu tendangan yang on-target.

Liverpool menerapkan permainan kombinasi umpan panjang dan pendek dengan memanfaatkan lebar lapangan sehingga para bek sayap, Joseph Gomez dan Andrew Robertson, kerap membatu serangan untuk mengirimkan umpan kepada Sadio Mane atau Mohamed Salah.

Everton terlihat kesulitan menandingi permainan menekan yang diterapkan Liverpool, terutama untuk menjaga pergerakan Salah dan Mane. Ketatnya permainan Liverpool juga memaksa Wayne Rooney lebih banyak berada di sektor pertahanan.

Liverpool memiliki peluang saat Robertson melepaskan tembakan dari luar kotak penalti setelah mendapatkan bola dari Mane pada menit 35, namun tidak tepat sasaran.

The Reds akhirnya unggul 1-0 saat Mohamed Salah yang menerima umpan Gomez mampu melepaskan diri dari kawalan pemain Everton. Striker asal Mesir itu kemudian menyepak bola yang meluncur melengkung ke pojok kiri gawang Everton pada menit 42.

Everton memasukkan Aaron Lennon dan Morgan Schneiderlin menggantikan Baye Omar Niasse dan Tom Davies pada awal babak kedua.

Pendukung Everton bernafas lega setelah Mohamed Salah gagal memaksimalkan umpan Milner pada menit 51. Tendangan akrobatik Mane juga dipatahkan Pickford pada menit 60.

Everton menyamakan kedudukan 1-1 melalui eksekusi penalti Wayne Rooney menyusul pelanggaran Dejan Lovren kepada Dominic Calvert-Lewin pada menit 76.

Klopp memasukkan Philippe Coutinho dan Danny Ings mengagntikan Alex Oxlade-Chamberlain dan Domimic Solanke, setelah gol itu. Tendangan bebas Coutinho yang mengarah ke pojok kanan gawang Everton masih mampu diselamatkan kiper Jordan Pickford.

Skor 1-1 bertahan hingga pertandingan berakhir yang diiringi dengan protes Lovren kepada wasit terkait penalti yang diberikan kepada Everton.

Hasil pekan ke-16 hingga Minggu pk. 20:30 WIB: West Ham 1 vs Chelsea 0; Burnley 1 vs Watford 0; Crystal Palace 2 vs Bournemouth 2; Huddersfield 2 vs Brighton & Hove Albion 0; Swansea 1 vs West Brom 0; Tottenham Hotspur 5 vs Stoke City 1; Newcastle United 2 vs Leicester City 3; Southampton 1 vs Arsenal 1; Liverpool  vs Everton 1; Manchester United 1 vs Manchester City 2.

Sumber : Reuters & Antara/PremierLeague.com/Sky Sports

Tag : liga inggris
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top