Messi: Neymar Pergi, Barcelona Malah Lebih Kuat

Bintang FC Barcelona Lionel Messi menemukan sisi positif dari kepergian Neymar da Silva Jr. ke Paris Saint-Germain (PSG).
Newswire | 29 November 2017 07:30 WIB
Kenangan kehebatan trio MSN (dari kiri ke kanan) Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Bintang FC Barcelona Lionel Messi menemukan sisi positif dari kepergian Neymar da Silva Jr. ke Paris Saint-Germain (PSG) pada bursa transfer pemain musim panas lalu. Bintang asal Argentina itu mengatakan Barcelona kini menjadi klub yang lebih kuat.

Trisula penyerang Luis Suarez, Messi, dan Neymar pernah memimpin Barcelona meraih sembilan trofi dalam 3 tahun di bawah arahan pelatih Luis Enrique dengan torehan 364 gol.

Namun, Neymar mengambil keputusan mengejutkan untuk pindah ke PSG dalam kesepakatan senilai 222 juta euro yang menjadikan kapten timnas Brasil itu sebagai pemain termahal di dunia pada Agustus 2017, dengan alasan ingin mencari tantangan baru.

Kepergian Neymar membuat pelatih baru Barcelona Ernesto Valverde harus membangun kembali tim dengan penekanan kepada lini pertahanan dan sektor tengah. Hasilnya, Barcelona hanya kebobolan enam gol dalam 19 pertandingan terakhir dan Messi mengakui kekuatan sistem baru yang diterapkan Valverde.

"Kepergian Neymar telah membawa perubahan dalam gaya bermain kami," kata Messi kepada majalah Jerman, Kicker, dalam wawancara yang dilakukan bersama European Sports Media.

"Kami kehilangan beberapa kekuatan menyerang, tapi kami memiliki organisasi pertahanan yang lebih baik. Lini tengah kami bermain lebih tenang dan kami lebih seimbang, ini membuat kami lebih kuat dalam bertahan" kata Messi.

Barcelona pun menjadi salah satu dari tiga tim Eropa yang belum terkalahkan di liga domestik dan Liga Champions Eropa musim ini, bersama PSG dan Manchester City.

Messi pun menyebut kedua klub itu sebagai ancaman terbesar Barcelona musim ini, namun dia juga tidak mengesampingkan potensi bahaya dari Real Madrid atau Bayern Munchen. "Manchester City telah menjadi salah satu tim terkuat sepanjang musim ini bersama PSG," ujarnya.

"Tapi ini masih awal musim, saya tidak akan pernah meremehkan Real Madrid karena kelas dan pengalaman mereka, meskipun mereka tidak memetik hasil yang diharapkan saat ini. Bayern Munchen adalah tim besar lainnya yang akan siap datang pada akhir musim," kata dia sebagaimana dilansir ESPN.

Madrid memang telah mengalahkan Barcelona dengan skor 3-1 pada final Piala Super Spanyol awal musim ini. Namun dalam tiga bulan setelah pertandingan tersebut, Barcelona kini unggul delapan poin dari Real Madrid di Liga Spanyol.

Sumber : Antara

Tag : barcelona
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top