Hasil Bundesliga Jerman: Munchen Kalah, Dortmund Seri Setelah Unggul 4-0

Dua tim kuat Bundesliga Jerman, Bayern Munchen dan Borussia Dortmund, tersandung dalam rangkaian pertandingan pekan ke-13.
M. Syahran W. Lubis | 26 November 2017 05:47 WIB
Para pemain Borussia Monchengladbach merayakan gol kedua ke gawang Bayern Munchen. - Reuters/Kai Pfaffenbach

Bisnis.com, JAKARTA - Dua tim kuat Bundesliga Jerman, Bayern Munchen dan Borussia Dortmund, tersandung dalam rangkaian pertandingan pekan ke-13.

Munchen, sang juara bertahan, menelan kekalahan keduanya musim ini setelah dipermalukan Borussia Monchengladbach dengan skor 1-2 di Borussia-Park pada Minggu dini hari WIB (26/11/2017).

Meski kalah, Munchen tetap menjadi penguasa klasemen sementara dengan koleksi 29 poin dari 13 laga, unggul 3 angka dari peringkat kedua RB Leipzig. Adapun Gladbach naik satu peringkat ke posisi keempat dengan 24 angka atau menyamai poin Schalke yang duduk di peringkat tiga.

Pada jalannya laga, pasukan Jupp Heynckes tertinggal 0-1 dari eksekusi penalti Thorgan Hazard menyusul pelanggaran handsball oleh Niklas Sule pada menit 39.

Gladbach bahkan menggandakan keunggulan semenit sebelum turun minum saat sepakan kaki kiri Matthias Ginter tidak mampu diantisipasi barisan pertahanan Munchen.

Tertinggal dua gol membuat Munchen memasukkan pemain yang berkarakter lebih menyerang, yaitu Kingsley Coman yang menggantikan Juan Bernat dan Marco Friedl mengisi posisi James Rodriguez.

Munchen pun sempat mengejar ketertinggalan melalui gol tendangan kaki kiri yang dilepaskan Arturo Vidal pada menit 74.

Setelah gol itu, Munchen berkali-kali melancarakan serangan melalui aksi Robert Lewandowski, namun skor 2-1 untuk kemenangan Gladbach bertahan hingga laga selesai.

Sementara itu, tim tamu Schalke 04 berhasil bangkit dari ketertinggalan 0-4 untuk memaksakan hasil imbang 4-4 melawan Borussia Dortmund di Stadion Signal Iduna Park di Dortmund.

Hasil imbang ini membuat Schalke berhasil mempertahankan posisi tiga klasemen sementara dengan keunggulan tiga poin atas Borussia Dortmund yang duduk di posisi kelima dengan 21 poin.

Bagi Dortmund, hasil ini membuat skuat asuhan Peter Bosz gagal menang dalam enam laga liga terakhir, yang membuat mereka mengalami kemerosotan besar di klasemen setelah sempat memimpin selama sembilan mathday pertama.

Pada jalannya laga, Borussia Dortmund terlihat akan memenangi pertandingan karena sudah unggul 4-0 saat pertandingan baru berjalan selama 25 menit.

Tuan rumah unggul 1-0 melalui gol Pierre-Emerick Aubameyang pada menit 12, kemudian menggandakan skor akibat gol bunuh diri Benjamin Stambouli pada menit 18.

Berselang 2 menit kemudian, giliran Mario Gotze yang menambah keunggulan dari gol sundulan setelah menerima umpan silang Aubameyang. Dortmund pun unggula 4-0 berkat tendangan voli Raphael Guerreiro pada menit 24.

Namun Schalke bangkit pada babak kedua, dimulai dari gol sundulan Guido Burgstaller berkat umpan Benjamin Stambouli pada menit 61.

Amine Harit menambah gol Schalke pada menit 65 setelah menerima umpan Yevheniy Konoplyanka, sebelum Dortmund terpaksa bermain dengan 10 orang karena Pierre-Emerick Aubameyang pada menit 72 diganjar kartu merah akibat melanggar Harit.

Unggul jumlah pemain membuat Schalke lebih leluasa melancarkan serangan. Mereka memaksakan hasil imbang 4-4 setelah Daniel Caligiuri mencetak gol pada menit 86 dan Naldo Rodrigues mengontribusi golnya saat laga memasuki injury time.

Hasil pertandingan pekan ke-13 Bundesliga hingga Minggu dini hari WIB: Hannover 1 vs Stuttgart 1; Borussia Dortmund 4 vs Schalke 4; RB Leipzig 2 vs Werder Bremen 0; Freiburg 2 vs Mainz 1; Eintracht Frankfurt 0 vs Bayer Leverkusen 1; Augsburg 2 vs Wolfsburg 1; Borussia Monchengladbach 2 vs Bayern Munchen 1.

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

Minggu, 26 November:

21:30   Hamburg SV vs Hoffenheim

Senin, 27 November:

00:00   Koln vs Hertha Berlin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dortmund, bundesliga, bayern munchen

Sumber : Reuters, Soccerway, & Antara/Sky Sports

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top