Hasil Liga Champions: Barcelona, Chelsea ke 16 Besar, MU Belum Lolos

Barcelona dan Chelsea lolos ke babak 16 besar Liga Champions Eropa setelah menyelesaikan pertandingan matchday kelima pada Kamis pagi WIB (23/11/2017).
M. Syahran W. Lubis | 23 November 2017 05:26 WIB
Pemain Basel Michael Lang (kanan) menjebol gawang Manchester United 2 menit sebelum laga usai. - The Guardian

Bisnis.com, JAKARTA - Barcelona dan Chelsea lolos ke babak 16 besar Liga Champions Eropa setelah menyelesaikan pertandingan matchday kelima pada Kamis pagi WIB (23/11/2017).

Barcelona menahan imbang Juventus 0-0 di Stadion Allianz di Kota Turin, Italia, membuat jagoan La Liga Spanyol itu memastikan sebagai juara Grup D meskipun dalam matchday keenam kalah dengan skor berapa pun dari saat menjamu Sporting Lisbon di Stadion Camp Nou, Barcelona, pada 6 Desember WIB.

Perolehan nilai Barcelona sementara ini 11, diikuti Juventus 8, Sporting Lisbon 7, dan Olympiakos 1. Dengan komposisi klasemen demikian, Juventus harus menang di kandang Olympiakos, Stadion Karaiskakis di Piraeus, Yunani, untuk mengamankan posisi runner up.

Jika nilai Barca dan Juve sama-sama 11 di akhir klasemen—permisalan Sporting bisa menaklukkan tuan rumah Barcelona—maka Barca unggul head to head atas Juventus—dan juga kemungkinan besar unggul selisih gol—sehingga berhak tampil sebagai juara Grup D.

Sementara itu, Chelsea dipastikan lolos ke babak 16 besar paling tidak sebagai runner up Grup C—jika kalah di matchday keenam atau terakhir dari Atletico Madrid Stamford Bridge, London—setelah pada matchday kelima menghantam tuan rumah Qarabag di Baku, Azerbaijan, dengan skor telak 4-0.

Dua dari empat gol Chelsea dihasilkan melalui titik penalti yang dieksekusi Eden Hazard (21’) dan Cesc Fabregas (73’). Sedangkan dua gol lainnya diborong Willian pada menit 36 dan 85.

Dengan kemenangan itu, Chelsea untuk sementara memuncaki klasemen Grup C dengan nilai 10, diikuti AS Roma dengan nilai 8, Atletico Madrid 6, dan Qarabag 2. Roma di ambang kelolosan setidaknya sebagai runner up karena pada matchday keenam hanya menjamu tim terlemah, Qarabag.

Sementara itu di Grup A Manchester United tertunda lolos ke 16 besar setelah kalah 0-1 di kandang Basel, Stadion St. Jakob Park di Basel, Swiss, akibat gagal membalas gol yang dicetak tuan rumah melalui Michael Lang 2 menit menjelang laga usai.

Secara matematis MU belum bisa disebut lolos karena masih ada kemungkinan kalah dengan skor telak hingga selisih tujuh gol di matchday terakhir saat menjamu CSKA Moskwa di Old Trafford.

Jika secara ajaib MU kalah dari CSKA selisih tujuh gol—hal sebenarnya dapat dikatakan luar biasa—dari CSKA dan di laga lain Basel mengalahkan tuan rumah Benfica dengan skor berapa pun, maka nilai MU, Basel, dan CSKA sama-sama 12 sehingga ketiganya harus dihitung hasil head to head dan MU akan kalah selisih gol.

CSKA akan berada di posisi teratas dengan selisih gol +3, Basel runner up dengan selisih gol -1, sedangkan MU tersingkir karena selisih golnya -2.

Meskipun demikian, hitung-hitungannya normalnya, MU dapat disebut telah sejengkal lagi lolos ke 16 besar walaupun kalah, katakanlah selisih enam gol, dari CSKA di laga terakhir.

Saat ini selisih gol MU 7-2, CSKA 3-7, sedangkan Basel 4-5. Posisi nilai sementara MU teratas di klasemen dengan nilai 12, diikuti Basel dan CSKA masing-masing 9, dan di dasar klasemen Benfica tanpa nilai karena selalu kalah di lima laga.

Berikut hasil lengkap pertandingan matchday kelima yang digelar pada Kamis pagi WIB:

Grup A: CSKA Moskwa 2 vs Benfica 0; Basel 1 vs Manchester United 0

Grup B: Anderlecht 1 vs Bayern Munchen 2; Paris Saint-Germain 7 vs Celtic 1

Grup C: Qarabag 0 vs Chelsea 4; Atletico Madrid 2 vs AS Roma 0

Grup D: Juventus 0 vs Barcelona 0; Sporting Lisbon 3 vs Olympiakos Piraeus 1.

Sumber : Reuters & The Guardian

Tag : liga champions
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top