Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Bintang Brasil Saat Juara Dunia 1994, Romario dan Bebeto Duet di Panggung Politik

Dua bintang Brasil saat menjuarai Piala Dunia pada 1994, Romario dan Bebeto, bersatu kembali. Namun, kali ini, di bidang politik dengan bekerja sama untuk mereformasi negara bagian Rio de Janeiro.
Romario/Reuters
Romario/Reuters

Bisnis.com, RIO de JANEIRO -  Dua bintang Brasil saat menjuarai Piala Dunia pada 1994, Romario dan Bebeto, bersatu kembali. Namun, kali ini,  di bidang politik  dengan bekerja sama untuk mereformasi negara bagian Rio de Janeiro.

Romario, yang merupakan senator untuk negara bagian kampung halamannya, mengumumkan pada Kamis (16/1/2017)  anggota legislatif negara bagian Bebeto akan bergabung dengan partai politiknya Podemos dan  mereka akan bekerja bersama untuk mereformasi negara bagian, yang saat ini sedang bangkrut dan dirongrong aksi kekerasan yang makin meninggi.

"Impian kami akan terwujud," kata Romario dalam pernyataan singkat. "Bersama-sama kami dapat membangun ulang Rio. Hal yang Anda perlukan hanyalah bergabung dengan kami." Romario  mengatakan  dirinya akan berjuang untuk menjadi gubernur negara bagian Rio tahun depan, sedangkan Bebeto dapat berjuang untuk menjadi anggota senat.

Hasil gambar untuk Bebeto and Romario, Reuters

Bebeto/Reuters

Dua sosok ini akan familiar terhadap para penggemar sepak bola Rio yang pada 1980-an dan 1990-an menyaksikan mereka menyumbang gol demi gol untuk Flamengo dan Vasco da Gama, dua klub terbesar kota itu.

Romario juga sempat melejit di Eropa, mencetak ratusan gol, termasuk banyak gol untuk PSV Eindhoven dan Barcelona. Sementara itu, Bebeto menikmati masa emasnya bersama klub Spanyol Deportivo La Coruna.

Namun, kerja sama kedua pemain itu pada Piala Dunia 1994 di AS yang paling diingat publik, dan khususnya saat mereka tampil gemilang di perempat final saat melawan Belanda.

Romario  membawa Brazil memimpin 1-0 dengan gol klasiknya sebelum "Tim Samba" menambahi gol kedua sepuluh menit kemudian melalui Bebeto, yang istrinya baru melahirkan seorang putra beberapa hari sebelumnya.

Bebeto berlari ke tepi lapangan sambil bergaya menimang-nimang seorang bayi, Romario bergabung dengannya dan dalam perayaan gol yang menjadi salah satu momen paling ikonik di turnamen akbar itu.

Brazil menang 3-2 dan kemudian menang adu penalti atas Italia di laga final untuk menjuarai Piala Dunia untuk keempat kalinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper