Hasil Liga 1: Dihajar Persiba Dramatis, Bali Gagal Dekati Bhayangkara FC

Sempat memimpin 2-1 hingga menit ke-87, akhirnya Bali United menyerah 2-3 dari Persiba Balikpapan dalam laga pekan ke-29 Liga 1.
M. Syahran W. Lubis | 16 Oktober 2017 23:51 WIB
Penyerang Bali United Irfan Bachdim (ketiga kiri) menjebol gawang Persiba Balikpapan - BaliUtd.com

Bisnis.com, JAKARTA - Bali United gagal memanfaatkan kesempatan untuk memperpendek jarak dengan pemuncak klasemen Bhayangkara FC setelah dalam laga penutup pekan ke-29 Liga 1 ditaklukkan tim papan bawah Persiba Balikpapan dengan skor 2-3 secara dramatis.

Dalam pertandingan di Stadion Batakan di Balikpapan, Kalimantan Timur, tim tamu Bali United, yang menduduki peringkat kedua klasemen sementara Liga 1, sempat memimpin 2-1 hingga menjelang pertandingan selesai.

Namun, tuan rumah Persiba Balikpapan menunjukkan semangat pantang menyerah untuk keluar dari zona degradasi dan berhasil melesakkan dua gol di pengujung pertandingan untuk membalikkan skor menjadi 3-2.

Bertarung pada Senin malam (16/10/2017), Persiba Balikpapan sukses membuka keunggulan melalui Sunarto pada menit ke-36, memanfaatkan bola liar yang lepas dari kiper Bali United Made Wardhana. Skor 1-0 bertahan hingga wasit Nurgazy Cholponbaev dari Kirgistan mengakhiri babak pertama.

Babak kedua, Bali bangkit dengan gol-gol dua pemain Timnas Indonesia yang pernah merumput bersama Utrecht, klub liga teratas Belanda (Eredivisie), yakni Stefano Lilipaly (46’) dengan tendangan keras dari luar kotak penalti dan Irfan Bachdim (65’) dengan sontekan jarak pendek, sehingga tim tamu unggul 1-2.

Namun, semangat juang tinggi tuan rumah yang memang memerlukan kemenangan demi keluar dari zona degradasi mendapatkan hasil sepadan.

Persiba berhasil membalikkan skor menjadi 3-2 di ujung laga lewat kontribusi gol Yudi Khoirudin (88’) yang menuntaskan kemelut selepas tendangan bebas Srdan Lopicic membentur pagar betis Bali United serta gol Bijahil Chalwa ketika injury time berjalan 4 menit.

Gol penentu kemenangan tuan rumah semestinya tidak perlu terjadi apabila kiper Made Wardhana tidak ragu-ragu untuk menyapu bola hasil back pass Gede Sukadana.

Wardhana hampir menangkap bola back pass itu, namun kemudian menendang keras tak terarah ketika menyadari bahwa menangkap bola itu berarti menghasilkan tendangan bebas untuk Persiba karena back pass dilakukan di dalam kotak penalti.

Akibatnya, tendangannya pun tak terarah dan jatuh ke kaki Bijahil Chalwa yang segera dituntaskan pemain asal Bojonegoro, Jawa Timur, itu dengan tengan keras menghujam jaring gawang Bali United.

Dengan kekalahan ini, Bali United gagal merapatkan jarak nilai dengan pemuncak klasemen Bhayangkara FC yang sehari sebelumnya juga kalah yakni 0-1 dari Barito Putera. Bhayangkara FC masih menduduki posisi teratas dengan koleksi 59 angka, sedangkan Bali United 4 poin di belakangnya.

Sementara itu, meskipun mendulang tambahan 3 angka, Persiba Balikpapan masih berkutat di zona merah degradasi yakni peringkat ke-17 dari 18 tim dengan nilai 23, hanya lebih baik dari juru kunci Persegres Gresik United dengan nilai 10.

Sumber : Soccerway & BaliUtd.com

Tag : Liga 1
Editor : M. Syahran W. Lubis
Top