Hasil Liga Champions: Madrid, Spurs, Porto 3 Poin di Kandang Lawan

Real Madrid, Tottenham Hotspur, dan Porto sukses mencatat kemenangan dalam matchday kedua Liga Champions Eropa yang digelar pada Rabu dini hari WIB (27/9/2017).
M. Syahran W. Lubis | 27 September 2017 06:18 WIB
Bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo selepas menjebol gawang Borussia Dortmund - Reuters/Wolfgang Rattay

Bisnis.com, JAKARTA - Real Madrid, Tottenham Hotspur, dan Porto sukses mencatat kemenangan di kandang lawan dalam matchday kedua Liga Champions Eropa yang digelar pada Rabu dini hari WIB (27/9/2017).

Juara bertahan Real Madrid menghantam tuan rumah Borussia Dortmund 3-1 di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, ditandai dengan dua gol yang dilesakkan pemain bintang Cristiano Ronaldo.

Striker berjuluk CR7 itu telah mencetak empat gol dalam dua laga awal Liga Champions musim ini, serta membukukan 93 gol dari 90 pertandingan kompetisi antarklub elit Benua Biru itu.

Kemenangan ini menjaga posisi Los Blancos di posisi teratas klasemen sementara Grup H dengan menyapu bersih dua laga awal dengan kemenangan, bersama Tottenham Hotspur juga dengan nilai 6 dan selisih gol persis sama 6-1, sedangkan Dortmund di posisi ketiga tanpa poin.

Pada jalannya laga yang disiarkan SCTV, skuat asuhan Zinedine Zidane memimpin 1-0 berkat gol tendangan voli Gareth Bale yang meneruskan umpan silang akurat Daniel Carvajal pada menit ke-18.

Ronaldo menggandakan keunggulan pasukan Madrid setelah menerima bola kerja sama dari Bale ketika babak kedua berjalan 5 menit.

Asa Dortmund untuk mengejar ketertinggalan muncul saat bomber Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol dari umpan diagonal Gonzalo Castro hanya 4 menit setelah gol Ronaldo.

Namun, setelah itu, Real Madrid justru lebih menguasai jalannya laga dengan umpan-umpan panjang yang ditujukan kepada Ronaldo maupun Isco Alarcon.

Isco beberapa kali lolos dari kawalan pemain Dortmund dan menciptakan sejumlah peluang dan Ronaldo kembali mencetak gol menjadi 3-1 setelah menerima umpan terobosan dari Luca Modric pada menit 79.

Kemenangan di kandang lawan juga menjadi milik Tottenham Hotspur. Wakil Liga Primer Inggris itu berhasil mengatasi tuan rumah APOEL dengan skor telak 3-0 dalam pertandingan lain Grup H.

Bertarung di Stadion Neo GSP di Nikosia, Siprus, Harry Kane menjadi pahlawan dengan hattrick pada menit ke-39, 62, dan 67. Spurs mendominasi jalannya pertandingan dengan 55 persen penguasaan bola.

Sementara itu, hasil yang layak disebut sebagai kejutan terjadi di Stadion Louis II di wilayah Kerajaan Monako di mana tuan rumah AS Monaco yang merupakan juara Ligue1 Prancis dihajar Porto 0-3.

Dalam pertandingan Grup G itu, penyerang Timnas Kamerun Vincent Aboubakar membukukan dua gol, sementara ujunmg tombak Timnas Mali Moussa Marega memasok dua assist.

Aboubakar membuka skor pada menit ke-31. Skor 0-1 untuk klub dari Portugal itu bertahan hingga wasit Vincic Slavko dari Slovenia meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan babak pertama.

Memasuki babak kedua, dominasi Porto di kandang AS Monaco makin menjadi-jadi. Dua assist Marega menentukan tambahan dua gol dari Aboubakar pada menit 69 dan Miguel Layun 3 menit jelang laga usai.

Layun, bek Timnas Meksiko, merupakan pemain pengganti. Dia baru masuk menggantikan Yacine Brahimi pada menit ke-71. Skor akhir 0-3 untuk Porto.

Meski menang di kandang lawan, Porto hanya menempati posisi kedua klasemen sementara Grup G lantaran pada laga pertama di kandang sendiri pada matchday pertama menyerah 1-3 dari Besiktas.

Besiktas, juara Super Lig Turki, pada matchday kedua juga menangguk poj penuh setelah menaklukkan runner up Bundesliga Jerman RB Leipzig dengan skor 2-0 di Stadion Vodafone di Istanbul.

Dengan hasil itu, Besiktas berada di posisi teratas klasemen Grup G dengan nilai 6, diikuti Porto 3, Monaco dan Leipzig masing-masing 1.

Sementara itu, wakil Liga Primer Inggris Liverpool berhasil menahan imbang tuan rumah Spartak Moskwa dengan skor 1-1 di Otkrytiye Arena.

Liverpool mendominasi 60 persen penguasaan bola dengan melepaskan 17 tendangan, jauh menungguli tim tuan rumah yang cuma mendapatkan empat tembakan sepanjang laga.

Ini merupakan hasil imbang kedua yang diraih pasukan Jurgen Klopp pada dua laga awal Liga Champions Grup, setelah ditahan Sevilla 2-2 pada laga pertama.

Akibat hanya bisa meraih hasil dua kali imbang, tim berjuluk The Redstertahan di posisi kedua klasemen. Sevilla—yang di laga lain menang 3-0 atas Maribor—menjadi pemuncak klasemen dan Spartak di posisi ketiga.

Liverpool bahkan tertinggal 0-1 melalui sepakan melengkung Fernando melalui sebuah serangan balik pada menit 23.

Liverpool memberikan respon cepat dengan membalas gol itu lewat aksi Alexander-Arnold yang melayangkan umpan silang kepada Mane yang sudah berada di depan, sayang gol itu dianulir wasit karena offside pada menit 25.

The Reds akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Coutinho yang melancarkan kerja sama satu-dua dengan Sadio Mane sebelum menceploskan bola terarah ke dalam gawang Spartak pada menit 31.

Hasil lengkap pertandingan Rabu WIB:

Grup E: Sevilla 3 vs Maribor 0; Spartak Moskwa 1 vs Liverpool 1

Grup F: Napoli 3 vs Feyenoord Rotterdam 1; Manchester City 2 vs Shakhtar Donetsk 0

Grup G: Besiktas 2 vs RB Leipzig 0; AS Monaco 0 vs Porto 3

Grup H: Borussia Dortmund 1 vs Real Madrid 3; APOEL 0 vs Tottenham Hotspur 3

Jadwal matchday kedua selanjutnya sila klik di sini.

Sumber : Reuters & Antara/UEFA.com

Tag : liga champions
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top