Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Muhammad Rafli, Santri yang Kini Jadi Idola Baru Timnas U-19

Muhammad Rafli Mursalim bomber Timnas Indonesia U-19 ini mencuat namanya usai total mencetak enam gol di ajang Piala AFF U-18 2017 di Myanmar.
Striker Timnas u-19, Muhammad Rafli (tengah)/PSSI
Striker Timnas u-19, Muhammad Rafli (tengah)/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Muhammad Rafli Mursalim bomber Timnas Indonesia U-19 ini mencuat namanya usai total mencetak enam gol di ajang Piala AFF U-18 2017 di Myanmar. Gol-gol Rafli tercipta saat satu gol ke gawang Filipina usai Indonesia menang dengan skor 9-0, hattrick ke gawang Brunei kala Indonesia menang 8-0 dan dua gol ke jala Myanmar yang Indonesia mengalahkan dengan skor telah 7-1 sekaligus mengunci peringkat tiga Piala AFF U-18 2017.

Bagi Rafli, berkostum Timnas Indonesia adalah kebanggan tersendiri, apalagi dirinya juga tidak menyangka bisa mencetak 6 gol di turnamen ini. Ia sebelum mengikuti seleksi Timnas U-19 dibawah asuhan pelatih Indra Sjafri, Rafli merupakan topskor Liga Santri 2016, turnamen yang digelar Kemenpora Republik Indonesia. Ia mencetak total 15 gol dan delapan gol di antaranya dihasilkannya di putaran nasional Liga Santri 2016.

"Saya sempat lima bulan nyantri di Ponpes Al Asy'Ariyah, waktu itu sebelum Liga Santri 2016 diputar. Teman yang mengajak saya, mengatakan bila ponpes itu punya semacam perkumpulan anak muda yang aktif di olahraga, khususnya sepak bola," kata Rafli.

"Saya main bola di sela-sela berlajar ilmu agama. Kebiasaan itu terbawa hingga sekarang. Di Piala AFF U-18 2017 ini saya tidak menyangka mencetak 6 gol, tapi itu bukan karena individu saya, hal ini berkat dukungan rekan-rekan satu tim serta pelatih yang mempercayakan saya," jelasnya.

Rafli menceritakan bahwa ayahnya sempat memperkuat PSM Makassar junior. Namun, kata Rafli, impian sang ayah akhirnya pupus untuk menjadi pesepak bola.

"Bapak gagal karena waktu itu rumah di Makassar terbakar. Dia lalu ke Jakarta dengan bawa uang Rp 15.000," ungkap pemain kelahiran 5 Maret 1999.

"Lalu bapak bertanya kepada saya apakah saya ingin menjadi pemain sepak bola. Saya jawab iya saya ingin," tutur Rafli

Rafli sendiri punya impian bisa bermain di Liga Inggris nantinya. Selain itu ia juga ingin memperkuat klub Persija Jakarta atau PSM Makassar.

Terus semangat dan semoga sukses dan impianmu tercapai Muhammad Rafli Mursalim !

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : PSSI

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper