Sepak Bola Bukan Sekadar Permainan, Ini Dampak Positif Perekonomiannya

Tidak cuma olahraga, sepak bola ternyata menyimpan besar untuk perekonomian. Jika dikelola dengan baik, sepak bola menciptakan multiplier effect.
Dika Irawan | 24 Agustus 2017 18:49 WIB
Ilustrasi sepak bola - Reuters/Wolfgang Rattay

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak cuma olahraga, sepak bola ternyata menyimpan besar untuk perekonomian. Jika dikelola dengan baik, sepak bola menciptakan multiplier effect.

Sekretaris Jenderal Persatusan Sepakbola Seluruh Indonesia Ratu Tisha Destria mengatakan ketika kompetisi Torabika Soccer Championship digulirkan pada 2016, pihak PT Gelora Trisula Semesta menggelar survey bersama Pwc pada Mei hingga Juni untuk mengetahui dampak ekonomi secara langsung maupun tidak di sekitar stadion.

Hasilnya, ujarn Tisha, ditemukan angka yang cukup mencengangkan yaitu selama kompetisi dengan 17 klub menghasilkan lebih dari 10.000 lapangan pekerjaan. Kemudian, para penonton di stadion rata-rata mengeluarkan uang sekitar Rp165.000 untuk makan dan akomodasi pada satu per tandingan.

“Jadi, selama ini persepsi yang salah atau data yang belum ada,” ujarnya ketika berbincang-bincang di kantor Bisnis Indonesia pada Kamis (24/8/2017).

Melihat potensi tersebut, Tisha mengatakan PSSI kini bergerak untuk memanfaatkan hal tersebut demi perkembangan ekonomi Indonesia secara keseluruhan. Menurutnya, berbagai program dan regulasi telah disiapkan untuk mendukung hal itu.

Tisha menambahkan sepak bola tidak cuma berbicara pertandingan di lapangan, melainkan ada aspek lain yang perlu digerakkan seperti ekonomi, pariwisata, kesehatan, hingga pendidikan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pssi

Editor : M. Syahran W. Lubis
Top