Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transfer Termahal Sepanjang Sejarah Berdasarkan Kategori

Bayak drama pada bursa pemain pada musim panas ini. Bisa kita lihat bagaimana Donnarumma yang sempat menolak perpanjangan kontrak, saga Cristiano Ronaldo yang ingin meninggalkan Ral Madrid setelah kasus penggelapan pajak menerpa dirinya, atau kisah Romelu Lukaku yang menikung dari Chelsea ke Manchester United.
Gareth Bale/Reuters
Gareth Bale/Reuters

Bisnis.com, BANDUNG - Bayak drama pada bursa pemain pada musim panas ini. Bisa kita lihat bagaimana Donnarumma yang sempat menolak perpanjangan kontrak, saga Cristiano Ronaldo yang ingin meninggalkan Ral Madrid setelah kasus penggelapan pajak menerpa dirinya, atau kisah Romelu Lukaku yang menikung dari Chelsea ke Manchester United.

Yang terbaru, bagaimana Dani Alves yang tanpa tedeng aling-aling berlabuh ke PSG, padahal sebelumnya ia santer diisukan akan bereuni dengan Pep Guardiola di Manchester City.

Dengan banyaknya drama yang terjadi di bursa transfer kali ini, apakah rekor pemain termahal yang dipecahkan oleh Paul Pogba tahun lalu saat angkat kaki dari Juventus ke Manchester United, hanya akan bertahan satu musim?

Setidaknya, terdapat beberapa kategori yang bisa dipecahkan oleh klub-klub Eropa soal transfer termahal. Berikut ini beberapa daftar pemain termahal di dunia berdasarkan kategori seperti yang dimuat oleh Goal.com:

1. Pemain Britania Raya termahal

Sebelum kembalinya Pogba ke Old Trafford dengan harga € 105 juta, Gareth Bale merupakan pemain termahal di dunia dengan harga € 100,8 juta. Pemain timnas Wales ini tetap menjadi pemain Britania Raya termahal sepanjang masa, berkat kepindahannya ke Real Madrid pada 2013.

Sementara itu, pemain Inggris termahal dalam sejarah adalah pemain sayap Manchester City, Raheem Sterling, yang bergabung dari Liverpool pada 2015 dengan harga € 69,1 juta.

2. Pemain muda termahal

Kategori pemain muda memang sulit dinilai karena kita tidak tahu berapa batas umur pemain bisa disebut muda. Goal.com mengkategorikan dengan pemain maksimal berumur 20 tahun. Pemain termahal Inggris, Sterling, masih berusia 20 tahun saat dia tiba di Etihad Stadium.

Namun, Anthony Martial juga masih terbilang muda, 19 tahun, saat bergabung dengan rival sekota City, Manchester United pada tahun 2015 dengan harga € 49.3 juta, walaupun harganya masih di bawah Sterling.

Kategori ini mungkin akan dipecahkan jika penyerang AS Monaco, Kylian Mbappe, jadi pindah maksimal pada musim panas 2019 mengingat pada Desember tahun itu, umurnya sudah 21 tahun.

Rumornya, Real Madrid menawar Mbappe dengan harga mencapai € 103 juta namun ditolak oleh Monaco pada bulan Mei lalu. Catatan lain jika dirinya tidak pindah musim panas tahun ini, tentu peforma Mbappe harus konsisten atau bahkan meningkat.

3. Bek termahal

City hampir membuat John Stones menjadi bek paling mahal sepanjang masa. Namun City berhasil mendatangkannya dengan membayar € 58 juta kepada everton tahun lalu, tak lama setelah kedatangan Pep Guardiola sebagai pelatih.

Gelar bek termahal masih dipegang pemain timnas Brasil, David Luiz yang pindah dari Chelsea ke PSG seharga € 62 juta pada 2014. Namun David Luiz hanya bermain selama dua tahun dan memutuskan kembali ke Stamford Bridge dengan harga € 39.4 juta.

4. Kiper termahal

City lagi-lagi hampir membuat sejarah bersama Ederson yang bergabung dari Benfica dengan harga € 40 juta. Namun, kapten Juventus Gianluigi Buffon tetap menjadi kiper termahal yang pernah ada, 16 tahun setelah bergabung dari Parma dengan harga € 52 juta.

Pemain yang beranjak ke kepala empat ini masih menjadi pilihan utama pelatih Juventus maupun timnas Italia. Peformanya di bawah mistar gawang sudah tidak perlu diragukan lagi, dia lah calon legenda Juventus dan Italia.

5. Transfer non-Eropa termahal

Rumor striker Borussia Dortmund, Aubameyang, yang dikaitkan dengan kepindahannya ke Liga Super China mungkin akan memecahkan rekor transfer non-Eropa. Bahkan mungkin transfer dunia.

Tapi sejauh ini, Shanghai SIPG masih memegang rekor transfer termahal non-Eropa dengan mendatangkan Oscar dari Chelsea dengan harga € 60.3 juta, tahun lalu.

Tapi siapa yang tahu? Jika Cristiano Ronaldo benar-benar tidak bahagia di Real Madrid dan memutuskan untuk pindah ke klub lain, pemenang Ballon d'Or musim lalu mungkin akan memecahkan rekor transfer Pogba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ihya Ulum Aldin
Editor : Ajijah
Sumber : Goal.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper