Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Manchester United Jadi Klub Paling Berharga

ManchEster United menjadi klub paling berharga di dunia dengan nilai pasar US$$3,69 miliar atau Rp49,1 triliun, seperti dilansir oleh Forbes pada Selasa (6/6).
Paul Pogba dan Ibrahimovic/Man Utd
Paul Pogba dan Ibrahimovic/Man Utd

Bisnis.com, LONDON - ManchEster United menjadi klub paling berharga di dunia dengan nilai pasar US$$3,69 miliar atau Rp49,1 triliun, seperti dilansir oleh Forbes pada Selasa (6/6).

Setan Merah sukses mengalahkan duo Spanyol, Barcelona dan Real Madrid. MU Berhasil mengungguli Barcelona yang berada di peringkat dua dengan selisih US$$54 juta atau sekitar Rp719 miliar. Real Madrid yang tahun lalu berada di peringkat pertama, harus rela turun dua peringkat.

Musim ini, anak asuh Jose Mourinho sukses mengangkat piala Community Shield, Piala Liga Inggris, dan yang masih hangat, mengangkat trofi Liga Eropa. Walaupun gagal dalam perebutan gelar juara liga Premiere Inggris, namun MU menghasilkan pendapatan iklan dan sponsor, juga mencatat pendapatan oprasional paling besar dari pada tim sepak bola lainnya.

"Tidak mudah menyalip Setan Merah dalam waktu dekat. Dengan memenangkan Liga Europa tahun ini, Manchester United lolos ke Liga Champions 2017-18 yang menguntungkan," ujar Executive Editor Forbes, Mike Ozanian, seperti dilansir oleh Forbes.

Mike Ozanian juga menambahkan bahwa keberhasilan MU menduduki posisi pertama sebagai klub paling berharga adalah bukti betapa kuatnya merek dan ketajaman pemasaran mereka.

Keberhasilan MU untuk pertama kalinya dalam lima tahun ini, diikuti oleh lima tim Inggris lainnya yang masuk dalam daftar sepuluh besar. Manchester City berada di urutan kelima, disusul Arsenal, Chelsea, dan Liverpool secara berturut-turut. Lalu diikuti oleh Tottenham Hotspur yang masih menduduki peringkat kesepuluh seperti tahun lalu.

Memenuhi daftar sepuluh klub ini, di posisi empat ada Bayer Munich dan posisi sembilan ada runner-up Liga Champions, Juventus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ihya Ulum Aldin
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper